Gelar Seminar, LPM Suaka UIN Bandung Bahas Tantangan Media Massa di Era Milenial



Bandung, Beritainspiratif.com - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suaka UIN Bandung menggelar seminar bertema Tantangan Media Di era Milenial.

Seminar berlangsung di Aula Abdjadjan Soelaiman, Sabtu (3/11/2018). Tema tersebut diusung sebagai jawaban bagaimana kondisi media massa di era teknologi.

Menurut keterangan ketua pelaksana, sekaligus kepala bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) LMP Suaka, Fadhilah Rama mengatakan, hadirnya teknologi saat ini menjadi sebuah tantangan baru bagaimana media massa bisa bertahan.

"Kita ingin mengedukasi teman-teman tentang kesediaan, untuk tema yang diangkat kali ini adalah Tantangan Media di Era Milenial ini berkaitan dengan ragam tantangan diera milenial, khususnya bagi media," terangnya saat ditemui beritainspiratif.com disela-sela kegiatan

Rama, sapaan akrabnya melanjutkan, hadirnya internet dan teknologi menimbulkan banyaknya media masaa yang kehilangan idealisme demi sebuah rating.

"Kita lihat dewasa ini banyak media - media yang bermunculan, banyak media-media yang mulai kehilangan idealismenya demi mendapatkan pengunjung, visitor, tanpa memperlihatkan konten media itu sendiri apakah postif atau tidak bagi publik," imbuhnya.

Hal itu, dikatakannya, sejalan pula dengan selera publik atas konsumsi informasi yang mulai beralih dari media cetak ke media elektronik. "Bagaimana kemudian media melakukan strategi agar idealismenya tidak luntur dan tetap memberi asupan informasi sesuai kaidah jurnalisme kepada publik, itu kan tantangan, nah semua itu di bahas dalam sesi seminar kali ini," paparnya.

Dengan begitu, pihaknya optimis peserta seminar terutama mahasiswa yang mewakili milenial bisa membedakan mana berita yang valid dan mana berita hoax.

"Lebih meningkatkan kebenaran dari suatu berita tidak sekedar dapat informasi terus dibagikan di Whatsapp, kita perlu meningkatkan perhatian terhadap kebenaran suatu berita, karena media massa dan milenial punya peran penting, media bertanggung jawab pada kualitas moral publik, sedangkan milenial merupakan generasi penerus bangsa yang perlu memiliki gagasan visioner," tegasnya.

Selain itu, pihaknya berpesan pada seluruh insan pers baik pers kampus maupun pers pada umumnya agar tetap memegang teguh kaidah jurnalisme.

"Sekarang itu ada istilah pers mahasiswa menuju zaman now artinya sederas apapun perubahan zaman, pers mahasiswa harus tetap ideal, tetap kritis bahwa sesuatu yang benar maka beritakan dengan benar apa pun konsekuensinya, jadi ya tetap semangat menjalankan tugas-tugas jurnalistik," kata Rama.

Pantauan dilokasi, seminar ini merupakan rangkaian ulang tahun Suaka ke 32 tahun, selain seminar ada pula kelas Infografik dan peluncuran Antologi Cerpen yang memuat kumpulan cerita pendek kiriman kontributor LPM Suaka dari tahun 2004-2016. Adapun peserta, selain dari mahasiswa UIN sejumlah mahasiswa dari luar Bandung juga hadir seperti dari Yogyakarta, Cirebon, dan Semarang.        (Tito)

Berita Terkait