Gaji ASN Pemprov Jabar Akan Dipotong, Untuk Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Bandung, Beritainspiratif.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) akan memotong gaji aparatur sipil negara (ASN) di bawahnya, untuk membantu penanganan virus korona (covid-19).

Rencana ini disampaikan Emil saat memberikan keterangan pers di Bandung, Senin (30/3/2020).

Selain pada ASN, Emil mengaku pemotongan inipun berlaku untuk gaji dirinya dan juga Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Emil menegaskan, pemotongan gaji diperlukan, untuk membantu penanganan wabah tersebut di wilayahnya.

Terlebih, menurut dia ini akan disalurkan kepada warga kurang mampu yang terdampak bencana dunia tersebut. “Untuk mengurangi beban masyarakat yang rawan miskin,” katanya.

Menurut dia, pemotongan gaji akan dilakukan selama empat bulan ke depan. Pemotongan ini akan dilakukan secara adil dan proporsional, sehingga besaran setiap ASN akan berbeda-beda.

Dengan begitu, dia optimistis seluruh ASN di bawahnya akan mendukung langkah tersebut. Terlebih, tambah Emil, ASN Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah memiliki tunjangan yang cukup besar.

Lebih lanjut, Emil mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan hal serupa, terutama bagi yang memiliki kemampuan ekonomi berlebih.

“Kepada yang memiliki keluangan harta, mari kita bersama-sama menyumbang melalui sedekah, zakat, infaq,” katanya.

Emil menuturkan pihaknya tengah menggodok program keluarga asuh untuk menjembatani orang mampu, agar bisa menolong warga yang terdampak covid-19. “Kami juga mengajak masyarakat untuk menjadi relawan. Caranya daftarkan diri di aplikasi pikobar,” katanya.

(Ida)

Bagikan: