FSI Jadi Wadah Santri dan Siap Bangun Akhlak Serta SDM Santri



Cirebon,Beritainspiratif.com - Forum Santri Indonesia (FSI) untuk wilayah Kabupaten Cirebon resmi dibentuk, agar para santri di Kabupaten Cirebon memiliki wadah yang bisa membangun akhlak dan sumber daya manusia (SDM) para santri sendiri, bertempat di kediaman Jamila mantan kuwu Desa Gempol Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon, kemarin.

Ketua OKK DPP FSI Uyun Saeful Yunus mengatakan, dirinya prihatin saat melihat Kabupaten Cirebon yang terkenal dengan sebutan kota walinya, tetapi tidak mencerminkan itu, hingga mengundang keprihatinannya untuk membentuk FSI di Kabupaten Cirebon.

“Sebagai putra daerah saya ingin membangun Kabupaten Cirebon kembali kepada sejarah dulu yang merupakan daerah dengan norma-norma agamis serta tetap menjaga kesakralan sebutan kota walinya, yang saat ini mulai pudar.” katanya kepada media, usai pengukuhan FSI Kecamatan Gempol.

Lanjutnya dengan adanya FSI akan merubah santri ortodok yang tahunya hanya ngaji dan siar Islam dan setelah itu selesai tidak ada lagi kegiatan. "Santri akan kita buat bisa untuk ikut membangun, menopang pembangunan bangsa ini, baik secara intelektualnya kemampuanya dengan potensi-potensi yang dimilikinya," ujarnya.

Dikatakannya secara resmi pelantikan FSI sendiri akan di lakukan pada bulan Maret ini karena dengan bebarengan pemberian gelar santri nasional kepada Joko Widodo yang langsung akan di hadiri KH Maruf Amin, bertempat di Kabupaten Majalengka.

“Kita fokus dilakukan di Jabar dulu karena tolak ukurnya santri ada di Jabar. Santri-santri Jabar harus berkwalitas bukan hanya sekedar bisa mengaji saja, tetapi memiliki SDM yang mumpuni untuk bisa membangun bangsa ini,” paparnya.

Visi misi FSI sendiri adalah untuk membangun santri yang modern berakhlak, berkwalitas, serta bisa menunjang pembangunn bangsa Indonesia lebih baik, serta tetap menjaga norma-norma agama dan menjaga kesatuan persatuan.

Sementara Ketua DPP FSI Iwan Ari Kurnia, mengatakan ia akan segera bergerak untuk menyusun struktur Forum Santri Indonesia (FSI) di Kabupaten Cirebon. Hal itu karena FSI mendukung dan siap memenangkan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi - Maruf Amin untuk menjadi presiden dan wakil presiden 2019 -2024.

“Pengukuhan ini selain di Cirebon, juga sudah dilakukan di Kerawang, Bandung, karena saat ini kita fokus ke Jabar dulu karena Jawa Barat adalah lumbung santri terbanyak. Kita akan membangun santri bukan hanya bisa ngaji tetapi bisa membangun ekonomi bangsa ini dengan menjadi para pelaku ekonomi,” ungkapnya.

(Dekur).

Berita Terkait