Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Jabar Gelar Rakor, Rumuskan Program Kedepan

Bandung,Beritainspiratif.com – Dalam rangka meningkatkan gerakan literasi di Provinsi Jawa Barat berbagai upaya terus dilakukan oleh Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Provinsi Jawa Barat.

Diantara sekian cara yang dilakukan oleh FTBM, salah satunya adalah melalui kegiatan rutin berupa Rapat koordinasi (Rakor) Pengurus minimal tiga bulan sekali.

Rakor yang pertama digelar pada tahun 2019 ini dilaksanakan di Rumah Baca Ujungberung Bandung, pada 2 – 3 Februari 2019.

Agenda yang dibahas oleh para peserta rakor adalah melakukan kajian dan evaluasi gerakan yang sudah berjalan serta mencoba merumuskan konsep perbaikan program.

Dari hasil rumusan diskusi, beberapa hal yang dapat disimpulkan adalah :

  1. Reshuffle kepengurusan FTBM Jawa Barat.
  2. Pembentukan Koordinator Wilayah (Korwil) yang bertugas melakukan koordinasi antara Pengurus FORUM TBM Provinsi dan Kabupaten serta Kota.
  3. Merancang program Jambore pegiat literasi yang rencananya akan diselenggarakan pada Bulan Juni.
  4. Penyusunan buku “Aku dan TBM”
  5. Pembaharuan website FTBM Jawa Barat
  6. Optimalisasi safari literasi FTBM Jawa Barat
  7. Pendataan ulang TBM di Jawa barat

Pada penutupan kegiatan Rakor, Opik selaku Ketua FORUM TBM JAWA BARAT, menegaskan:
“Bahwa gerakan literasi harus terus digelorakan agar percepatan peningkatan kemampuan literasi masyarakat bisa terjadi. Oleh sebab itu, kerjasama dengan berbagai pihak adalah harga mati demi tercapainya tujuan tersebut” Katanya.

Khusus tentang penyusunan buku “Aku dan TBM”, Nike Kamarubiani, sebagai salah satu pengurus FTBM berkomentar “sebetulnya sudah banyak praktek-praktek baik yang sudah dilakukan oleh para pemerhati literasi, khususnya para pengelola dan pegiat TBM. Harapannya dengan diterbitkannya buku ini nantinya bisa menginspirasi masyarakat untuk ikut serta dalam gerakan literasi” pungkasnya.

(Roni)

Bagikan: