Fokus Industri Maritim, Logistik dan Transportasi, ITTelkom Berdiri di Surabaya



Surabaya, Beritainspiratif.com – Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 733/KPT/I/2018 tentang izin pendirian Institut Teknologi Telkom (ITTelkom) Surabaya di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom, maka Institut Teknologi Telkom (ITTelkom) Surabaya resmi berdiri dan dibuka, sehingga ITTelkom Surabaya dapat melakukan penerimaan mahasiswa baru.

Rektor ITTelkom Surabaya Dwi S. Purnomo mengatakan ITTelkom Surabaya hadir dengan kekhasannya yaitu Kurikulum dan Pengembangan Kompetensi difokuskan pada aplikasi di bidang industri maritim, logistik dan transportasi serta kampus Perguruan tinggi ITTelkom Surabaya ini berada di Jalan Gayungan PTT No 17-19 Surabaya.

Di awal pendirian kami membuka 7 Program Studi yaitu Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Industri, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak (software Engineering), ungkap Dwi.

Diharapkan ITTelkom dapat menjadi ikon baru pendidikan di Surabaya dan keberadaannya dapat memberikan kontribusi yang besar pada perkembangan pendidikan di Kawasan Indonesia bagian Timur, khususnya untuk memajukan industri maritim, logistik dan transportasi di Indonesia.

ITTelkom Surabaya pun mendukung program pemerintah melalui pemerataan pendidikan tinggi, khususnya untuk anak-anak yang berasal dari Kawasan Timur Indonesia. ITTelkom Surabaya memiliki kebijakan khusus yang ditujukan untuk anak-anak yang berasal dari Papua & Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTT, Kalimantan, NTB, dan Sulawesi, melalui penyediaan kuota khusus dan jalur seleksi khusus, serta kami melalui beasiswa khusus, akan dialokasikan minimal 10% dari kursi yang tersedia untuk calon mahasiswa dari Kawasan Indonesia Timur tersebut,”ungkapnya.

ITTelkom Surabaya adalah kampus keempat yang dimiliki oleh YPT, tiga perguruan tinggi yang telah lebih dahulu ada yaitu Telkom University di Bandung, Institut Teknologi Telkom Purwokerto sebagai satu-satunya Insititut Teknologi di Jawa Tengah dan Akatel Jakarta.

YPT juga menaungi 50 lembaga pendidikan dasar dan menengah dengan brand Telkom Schools, sebagai jaminan sekolah berkualitas premium.

Selain 4 (empat) empat anak perusahaan yang dimiliki oleh YPT yaitu PT. Sandhy Putramakmur (Sypuma), PT. Bhakti Unggul Teknovasi, PT. Trengginas Jaya dan PT. KLZ, YPT juga diperkuat dengan 1 (satu) lembaga sertifikasi yaitu Telkom Professional Certification Center (TPCC). Seluruh lembaga pendidikan YPT ini tersebar di 36 kota dan 22 provinsi.  (Yanis)

Berita Terkait