FK3I Jabar Sesalkan Penebangan Pohon yang dilakukan Pihak Balai Taman Nasional Gede Pangrango (BTNGGP)

Beritainspiratif. com-Penebangan 16 pohon damar di wilayah kelola taman nasional gede pangrango menunjukan ketidakpedulian negara terhadap fungsi kawasan.

Yang sangat kami sesalkan adalah alasan dari penebangan pohon tersebut,di dalam 3 berita acara penebangan dengan santai pihak taman nasional melakukan penebangan dengan alasan akan adanya pembangunan sarana prasarana pendukung wisata alam.

Wisata alam di dalam kawasan konservasi termasuk taman nasional seyogyanya mengedepankan kepentingan konservasi walaupun untuk kepentingan pemanfaatan dan di dalam kawasan konservasi,banyak cara proses pemanfaatan kawasan untuk kepentingan wisata di dalam kawasan konservasi tanpa harus merusak dan menebang pohon.

Kami berpikir pihak taman nasional lebih paham terkait hal tersebut,namun dengan kejadian ini kami forum komunikasi kader konservasi alam nasional ( fk3i ) meminta dirjen ksdae segera melakukan kajian dasar alasan penebangan tersebut.

Walau ijin penebangan tersebut melalui berita acara yang ditandatangani setingkat kepala resort namun kami menolak dasar alasan penebangan tersebut,dan kami meminta :

1. Dirjen KSDHE melakukan kajian proses dasar alasan penebangan
2. Kepala BTN GGP wajib bertanggungjawab terhadap apa yang telah dilakukan oleh pegawai atau pihak ketiga yang telah melakukan penebangan
3. Para saksi dalam berita penebangan wajib diminta keteragan
4. Dirjen Gakum KLHK kami minta memeriksa dan menyidik kejadian ini dikarenakan diindikasikan terjadi penyalahgunaan wewenang.

( Dudy)

Foto : tentangnisha. WordPress.com

Bagikan: