Film Dilan 1991 Sisi Menarik dan Lokasinya di Bandung

Bandung, Beritainspiratif.com – Ramai dibicarakan masyarakat tentang film Dilan 1991 yang disadur dari buku karya Pidi Baiq, membuat penulis tergugah menyaksikan film fenomenal tersebut di salah satu Bioskop XXI sebuah Mall di Kota Bandung, Rabu, (6/3/2019)

Penulis tidak memperdebatkan tentang pembangunan taman pojok Dilan di Saparua yang konon akan dibangun pula GOR dan biaya pemeliharaannya sebagai bentuk penghargaan karya seni, ataupun kritikan yang datang terhadap film tersebut misalnya Dilan dan Milea yang tidak menggunakan helm, ataupun lainnya yang bisa membuat manusia belajar dengan cara meniru orang lain hingga penetapan peringatan Hari Dilan tanggal 24 Februari.

Di atas sepeda motor Honda

Diungkap dari Lifestyle The Shonet, dari sisi mata lainnya ada hal yang menarik dari Film ini yakni ;

1.Motor Honda CB 100 ikonik, yang memang antik dan menggambarkan tahun 1991.

2.Iqbaal Ramadan sebagai pemeran utama telah mengikuti sejumlah workshop dan brainstorming bersama Pidi Baiq.

3.Pemilihan sosok Dilan yang melibatkan penggemar dengan membuat undian melalui akun Instagram milik Falcon Pictures.

4.Sosok Milea yang diperankan Vanesha Priscillia (adik Sissy Pricillia) yang begitu total berperan dengan romantisnya hingga membuat penonton hanyut dalam suasana indahnya jatuh cinta.

5.Tentunya sebagai hiburan kenyataannya banyak ditonton oleh masyarakat terutama remaja, hingga meraih dua Rekor MURI.

Dari Spot spot yang digambarkan dalam film ini cukup menarik, yang juga diungkap oleh detiktraveler, setidaknya ada 4 lokasi syutingnya berada di Bandung, seperti dikatakan oleh Pidi Baiq, “Bandung bukan sebatas masalah geografis melainkan melibatkan perasaan”.

SMA Negeri 20 Bandung

1.SMA Negeri 20

SMA Negeri 20 yang berlokasi di Jalan Citarum Bandung, Sekolah ini pun kembali jadi saksi kisah cinta Dilan dan Milea dalam sekuelnya.

Terlepas dari porsi jalanan Bandung yang menjadi keseharian Dilan, sekolah ini banyak menyimpan momen-momen penting antara keduanya. Khususnya saat Dilan memproklamirkan cintanya ke Milea di Kantin Bi Eem.

Jalan Milea

2.Jalan Milea

Kalau di tanya mana tempat terbaik untuk Milea, pastinya adalah Jalan Milea yang terletak di Jalan Taman Cibeunying dan juga Jalan Cilaki. Jalan ini pun kerap dilewati Dilan dan Milea di sekuel film keduanya.

Secara lokasi, jalan tersebut memang tak jauh dengan SMU Negeri 20 yang jadi setting sekolah mereka berdua. Kebetulan, jalan tersebut juga tidak ramai karena merupakan pemukiman warga.

Rumah Dilan

3.Rumah Dilan

Berlokasi tak jauh dari Jalan Milea, anda juga bisa menjumpai rumah Dilan yang bersetting di salah satu rumah lama di sana.

Dago Tea House

4.Dago Tea House

Dalam film Dilan 1991, Taman Budaya Dago Tea House menjadi saksi bisu dari drama percintaan Dilan dan Milea yang tengah di ujung tanduk. Suasana pun kian sendu dengan rintik hujan yang turun.

Faktanya, Dago Tea House merupakan tempat nongkrong dan objek wisata populer Bandung yang telah ada sejak zaman Belanda. Suasananya pun begitu cocok untuk film Dilan yang bersetting di tahun 90-an.

(Yanis)

Sumber foto : #dilanku, @dilanku_bdg, @dilanku

Bagikan: