Fakta Unik Wasit yang Pimpin Laga Final Kroasia vs Prancis

Beritainspiratif.com – Nestor Pitana bakal bertugas memimpin laga puncak Piala Dunia 2018 antara Prancis melawan Kroasia, Minggu (15/7) malam WIB. Pitana akan ditemani asisten wasit yang juga asal Argentina, Hernan Maidana dan Juan Pablo Belatti, serta ofisial keempat, Bjorn Kuipers dari Belanda.

Berikut fakta menarik dari Nestor Pistana, wasit berusia 43 tahun yang memimpin laga final Piala Dunia 2018 dikutip dari bolaskor.co.

1. Partai Prancis vs Kroasia merupakan laga kesembilan Pitana dalam dua kali Piala Dunia yang diikutinya (2014 dan 2018).

2. Pitana menjadi wasit asal Argentina kedua yang pernah bertugas di dua Piala Dunia. Dia menyamai Norberto Coerezza yang bertugas di Piala Dunia 1970 dan 1978.

3. Pitana memimpin dua laga sesama tim Eropa pada Piala Dunia. Hasil akhirnya selalu ketat. Pada 2014 Pitana memimpin laga perempat final saat Jerman menang 1-0 atas Prancis. Pada tahun ini Pitana memimpin laga Kroasia kontra Denmark yang berakhir lewat adu penalti setelah imbang 1-1.

4. Penunjukkan Pitana sebagai wasit final berarti laga pembuka dan penutup Piala Dunia 2018 dipimpin oleh wasit yang sama. Pitana menjadi wasit saat Rusia menang 5-0 atas Arab Saudi.

5. Pitana adalah mantan aktor yang saat ini menjadi guru senam. Dia mulai menjadi wasit di tingkat domestik pada 2007 dan tiga tahun kemudian menjadi wasit FIFA.

6. Selama memimpin empat laga di Piala Dunia 2018, Pitana mengeluarkan 12 kartu kuning, terbanyak saat laga Grup F antara Swedia melawan Meksiko (5 kartu kuning).

 

YoC

Nestor Pitana foto : (FIFA)

 

Bagikan: