Eti Herawati: Semangat Anak Muda untuk Menjaga Kedaulatan RI Harus Terus Dikobarkan



Cirebon, Beritainspiratif.com - Wakil Walikota Cirebon apresiasi TNI Angkatan Laut (AL) yang tiada henti mengobarkan anak-anak muda khususnya di Kota Cirebon. Putra dan putri terbaik dari Kota Cirebon diharapkan tahun ini bisa lolos menjadi taruna dan taruni TNI AL.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati disela-sela Sosialisasi Werving Penerimaan Perwira, Bintara, Tamtama Prajurit TNI AL tahun 2019 di hadapan perwakilan SMK dan SMA se Kota Cirebon di SMK Negeri 1 Kota Cirebon, Selasa (12/2/ 2019).

“Anak-anak muda kita ini semangatnya sangat perlu untuk selalu dikobarkan,” ungkap Eti. Mereka perlu untuk selalu dimotivasi sehingga bisa menjadi pemuda-pemudi yang tangguh dan cerdas untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karena itu, Eti pun mengapresiasi TNI AL, khususnya Lantamal III dan Lanal Cirebon yang selalu memberikan motivasi untuk anak-anak muda di Kota Cirebon.

Selanjutnya Eti menambahkan jika 2/3 luas wilayah Indonesia merupakan lautan. “Laut kita harus dijaga,” tegas Eti. Karena laut Indonesia menyimpan potensi luar biasa yang menjadi incaran bangsa lainnya.

“Dibutuhkan prajurit-prajurit yang tangguh untuk bisa mengamankan negeri ini,” kata Eti. Eti sangat berharap, prajurit tangguh tersebut berasal dari pemuda dan pemudi dari Kota Cirebon. Karena menurut Eti, semua anak bangsa memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mengabdi sebagai prajurit TNI AL, termasuk anak-anak muda di Kota Cirebon.

Pada kesempatan yang sama Eti juga berpesan kepada anak-anak muda untuk senantiasa menjaga kedaulatan, termasuk kedaulatan laut Indonesia. “Seperti kisah-kisah patriotisme heroik pahlawan dan prajurit TNI AL yang telah berkorban jiwa dan raga untuk kemerdekaan republik ini,” tegas Eti. Kisah-kisah patriotisme tersebut diharapkan bisa menjadi sumber motivasi bagi generas-generasi penerus bangsa.

Sementara itu Danlanal Cirebon, Letkol Mar Yustinus Rudiman, M.TR.Hanla., M.TR.Han, menjelaskan jika kegiatan hari ini merupakan program dari TNI AL dalam rangka sosialisasi penerimaan TNI AL kepada seluruh pemuda dan pemudi terbaik di wilayah Indonesia. “Targetnya, tentu kita mendapatkan SDM prajurit yang bagus, putra terbaik asli dari Cirebon untuk jadi personil TNI AL yang handal,”ungkap Yustinus.

Sementara itu Kepala SMK Negeri 1 Kota Cirebon, Drs. A. Hendi Suhendi,M.Pd., mengungkapkan jika mereka sebenarnya sudah bekerja sama dengan Lanal Cirebon. “Mereka menjadi salah satu instruktur saat penerimaan siswa baru disini, khususnya untuk pembinaan mental siswa,” ungkap Hendi. Karena itu, Hendi juga berharap nantinya ada siswa mereka yang bisa lolos menjadi taruna TN AL.

“Kami tentu akan sangat bangga,” ungkapnya. Apalagi usai dilakukan sosialisasi, cukup banyak peserta yang akhirnya mendaftar sebagai calon taruna dan taruni TNI AL.

(Yones)

Berita Terkait