Erick Thohir dan Pertimbangan Penunjukkannya



Jakarta, beritainspiratif.com – Erick Thohir ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah diumumkan langsung oleh Joko Widodo di Posko Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9/2018).

Erick Thohir adalah sosok yang memiliki latar belakang yang bukan berasal dari partai dan dianggap dapat mengakomodir kepentingan partai koalisi dalam pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

Erick yang merupakan seorang pengusaha juga akan menguntungkan Jokowi-Ma'ruf. Kekuatan finansial yang dimilikinya bisa dimanfatkan untuk keperluan pilpres 2019.

Pertimbangan lainnya penunjukkan Erick Thohir adalah keahliannya dalam me-menage tim lapangan, disamping itu dia juga sebagai pengusaha sukses dan pengalamannya sebagai ketua Asian Games 2018 yang mengurus banyak orang dengan jumlah yang besar berjalan dengan sukses, hal tersebut disampaikan oleh Pengamat politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand), Asrinaldi Padang saat dihubungi, Jumat (7/9/2018).

Namun Erick juga memiliki kekurangan pengalaman didalam di dunia politik, namun bisa saja diatasi melalui bantuan politisi dan orang-orang terdekat.

Profil Singkat

Erick Thohir adalah Pemilik Mahaka Group, sosok utama di balik kesuksesan penyelengaraan Asian Games 2018. Ia adalah ketua panitia atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc).

Erick Thohir lahir di Jakarta, 30 Mei 1970, Di usianya yang ke 48 tahun, Erick merupakan pendiri dan komisaris utama Mahaka Grup, merupakan unit usaha yang bergerak di bidang digital dan periklanan.

Erick Thohir masih menjabat sebagai presiden dari klub sepakbola Italia, Inter Milan yang masih mempertahankan 31 persen kepemilikan di Inter dengan saham mayoritas sebesar 68,55 persen diakuisisi Suning Group pada Juni 2016.

Ia juga sempat menjadi pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Saat ini, Erick masih menjabat sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk periode 2015-2019.

Yanis

Berita Terkait