Era Digital Milik Orang-Orang ‘Open Minded’ dan Tidak Dibatasi Perbedaan Generasi



Bandung, Beritainspiratif.com - Dosen Teknik Informatika Unpad Dr. Asep Sholahudin, M.T., menjadi pembicara dalam Gelar Wicara “Millenials Career in Digital Era” yang digelar di Auditorium Bale Santika Unpad, Jatinangor, Selasa (26/11/2019).

Dosen Teknik Informatika Unpad Dr. Asep Sholahudin, M.T. mengatakan bahwa era digital adalah milik orang dengan pemikiran terbuka (open minded). Jika terlalu tertutup, maka bisa jadi tertinggal terhadap dunia teknologi maupun kemajuan zaman.

“Pada akhirnya, era digital adalah milik orang-orang yang open-minded. Tidak peduli tahun berapa lahirnya, dalam generasi apa, siapa orang tuanya, status sosialnya apa,” ujar Dr. Asep dilaman resmi Unpad Bandung

Dr. Asep pun mencontohkan beberapa tokoh seperti Steve Jobs, Bill Gates, Evan Spiegel, dan Mark Zuckerberg. Mereka bukanlah berasal dari generasi atau latar belakang yang sama. Mereka dapat sukses karena open minded.

“Perbedaan generasi dan latar belakang sama sekali tidak membatasi mereka untuk melahirkan teknologi digital yang sedang kita nikmati sekarang,” ujar Dr. Asep.

Sementara itu, Public Relation & Marketing Communication Qlue Iwan Kurniawan mengatakan bahwa era digital bukanlah hanya milik mereka yang berlatar belakang pendidikan teknik informatika. Ada banyak peluang bagi generasi milenial dari berbagai latar belakang pendidikan.

Menurut Iwan, hal terpenting untuk sukses di era digital adalah dengan tidak cukup mengandalkan hard skills, tetapi harus memiliki soft skills. Soft skills yang penting dimiliki untuk sukses berkarier adalah communication, critical thinking, creativity, dan collaboration.

“Jadi teman-teman yang berada di bidang apapun, tolong kuasai kemampuan ini, communication, critical thinking, creativity, sama collaboration. Karena empat skills inilah yang menurut pengalaman saya yang paling berguna. Jadi empat bumbu ini digabung menjadi sebuah masakan yang enak, saya yakin teman-teman kariernya akan sukses,” ujar Iwan yang juga alumnus Unpad.

Digital ekonomi Indonesia diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan. Iwan pun mendorong generasi milenial untuk siap mengisi peluang tersebut.

Talkshow “Millenials Career in Digital Era” ini terselenggara atas kerja sama Kantor Tracer Study dan Career Development Center (TSCDC) Unpad dengan Qlue Performa Indonesia. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala TSCDC Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum. (Yanis)

Berita Terkait