Empat Pemenang Busana Adat Terbaik yang Mendapat Hadiah Sepeda Merah Putih



Jakarta, Beritainspiratif.com - Sebelum beranjak dari mimbar kehormatan selepas upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2019, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sejenak mengambil panggung untuk memberikan pengumuman.

“Saya diminta untuk mengumumkan hasil dari penilaian juri siapa pemenang yang memakai pakaian nasional daerah yang terbaik,” ujarnya.

Dalam peringatan kali ini, Presiden Joko Widodo rupanya kembali menggelar kontes kecil bagi tamu undangan yang hadir dengan mengenakan busana adat terbaik. Ia telah mempersiapkan hadiah khusus bagi para pemenang tersebut.

“Tentu mendapatkan hadiah. Hadiahnya sepeda merah putih,” kata JK.

JK kemudian mengumumkan tiga nama pemenang yang dinilai oleh juri tampil menarik dengan busana adat yang dikenakan.

Hadiah bagi pemenang pertama diberikan kepada Ibu Khalidah yang hadir dengan mengenakan busana adat Nusa Tenggara Timur. Sementara pemenang kedua ditetapkan kepada Bapak H. Aji Bahrul Hadi, Sultan Gunung Tabur, dengan busana adat Kalimantan Timur. Adapun hadiah bagi pemenang ketiga diberikan kepada Ibu Nora Tristiana Ryamizard Ryacudu yang mengenakan busana adat Lampung.

Ketiganya kemudian maju ke depan mimbar kehormatan untuk kemudian dihampiri oleh Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istri yang memberikan selamat kepada ketiganya. Hadiah sepeda juga langsung diberikan bersamaan dengan itu.

Kebiasaan Presiden untuk berbagi sepeda dalam sejumlah kesempatan kunjungan kerja menjadi salah satu hal yang memeriahkan upacara peringatan pada tahun ini. Kontes serupa sebelumnya pernah digelar pada peringatan di tahun 2017 lalu dengan hadiah yang sama. (Yones)

Berita Terkait