Empat Desa Jadi Pilot Project Puskesos



Cirebon,Beritainspiratif.com - Sedikitnya empat desa/ kelurahan di empat kecamatan, di Kabupaten Cirebon menjadi pilot project pembentukan Pusat kesejahtran sosial (Puskesos). Ke empat desa/kelurahan itu diantaranya Desa Dukupuntang, Kecamatan Dukupuntang, Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Desa Mundu Pesisir, Kecamatan Mundu dan Desa Gegesik Kidul, Kecamatan Gegesik.

Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Partisipasi Sosial Masyarakat Dinsos Kabupaten Cirebon, Deden Epi Saepina, mengatakan, pilot project pembentukan Puskesos ini adalah salah satu program yang di biayai oleh APBN dan APBD Kabupaten Cirebon yang diperuntukan untuk menanggulangi masalah kemiskinan.

"Untuk sementara sih baru empat desa/kelurahan dari empat kecamatan, rencananya tahun 2018 ini harus sudah dibentuk di setiap desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Cirebon," ujar Deden, saat ditemui blBeritainspiratif.com.

Dikatakan Deden, tugas pokok dari Puskesos berdasarkan Permensos no 15 tahun 2018 tentang Sistem layanan dan rujukan terpadu. adalah mengakomodir keluhan masyarakat terhadap permasalahan kemiskinan.

"Kami sih menargetkan tahun ini semua desa sudah membentuk Puskesos ini dan dasar dari pembentukan Puskesos di setiap desa itu mengacu pada Perbup no 62 tahun 2018 tentang tata cara pembagian dan penetapan rincian dana desa, setiap desa di Kabupaten Cirebon tahun 2019," katanya.

Selain mengakokomodir keluhan masyarakat miskin, dikatakan Deden, Puskesos juga bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat miskin yang membutuhkan pelayaran sampai tuntas, dan juga melakukan perbaikan atau validasi data BDT di desa terbaru.

Deden juga mengatakan, anggaran yang digunakan dalam kegiatan Puskesos ini berdasarkan Perbup no 62 tahun 2018 ini nantinya diambil dari APBdes.

"Manfaat dari adanya Puskesos ini sangat besar sekali, terutama bagi masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Cirebon ini, salah satunya adalah mengakomodir warga miskin yang belum tertampung oleh program pemerintah seperti PKH dan lain sebagainya," terang Deden.

Deden berharap, semua desa bisa secepatnya membentuk Puskesos ini, sehingga program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Cirebon bisa secepatnya diatasi.

(Dekur)

Berita Terkait