Een Sumarni, Kapten Tim Persib Putri Liga 1 2019: Memotivasi Sepak Bola Putri Lainnya

Bandung, Beritainspiratif.com – Menjadi Kapten tim dalam sepak bola tidaklah mudah,  karena selain harus dapat memimpin dengan baik di lapangan, Kapten Tim juga adalah seorang pemain yang berpengalaman dan dapat memberikan pengaruh besar terhadap pemain lainnya.

Seorang Kapten Tim juga harus memiliki stamina yang baik, menjadi pemain yang cerdas dan berpikiran taktis, serta dapat  meningkatkan moral dan semangat pemain lainnya.

Nampaknya sosok itulah yang ada pada diri Een Sumarni, Mojang Sumedang yang memegang ban Kapten Tim Persib Putri, sehingga sukses menjuarai Liga 1 Putri 2019 pada laga Final setelah mengalahkan Tira Persikabo Kartini, Sabtu (28/12/2019).

Penyerahan tropi yang pertama diberikan kepada Kapten Tim, hingga dibawa konvoi kendaraan Bandros mengitari kota Bandung yang disambut dengan meriah dan hangat oleh warga Bandung.

Kemenangan ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Persib meraih juara dalam Liga 1 Putri 2019, hingga diapresiasi oleh  Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zaenuri Hasyim dan Komisaris PT PBB, Kuswara S Taryono, saat tim tiba  di Graha Persib Jalan Sulanjana, Minggu, (29/12/2019).

Bukan saja hadiah kemenangan yang diraih sebagai juara Liga 1 Sepak Bola Putri 2019, tapi pemerintah juga memberikan berbagai apresiasi.

Apresiasi yang didapat diantaranya uang motivasi dari Walikota Bandung sebesar Rp30 juta, dari KONI Kota Bandung  sebesar Rp20 juta dan bahkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun memberikan uang kadeudeuh sebesar Rp500 juta dalam acara Jamuan Makan Malam di Gedung Pakuan Kota Bandung, Senin (30/12/2019) malam.

Dihubungi Beritainspiratif.com, Sabtu, (4/1/2020), Kapten Tim Persib Putri Een Sumarni yang juga berprofesi sebagai guru olah raga pada salah satu SMA di Bandung mengungkapkan rasa bangga dan harunya atas raihan ini.

“Syukur alhamdulillah tim Persib Putri menjadi juara pada liga perdana sepakbola profesional putri di Indonesia, saya sangat terharu dan bangga atas hasil yang di raih ini, dan  menjadi suatu sejarah untuk kami semua”, tutur sang Kapten.

Sang Kapten Een Sumarni yang juga Alumni Pendidikan olah raga UPI Bandung, menyampaikan harapannya, semoga kedepan dapat mempertahankan juara ini.

“Semoga tim Persib Putri dapat mempertahankan gelar juara pada liga liga selanjutnya”, harap Een.

Een yang lahir pada bulan Oktober 1992, memiliki nomor punggung 3 dan berposisi sebagai pemain belakang, memiliki berbagai prestasi yang membanggakan, diantaranya:

  • Juara 1 Kejurnas sepakbola wanita antar club tahun 2006
  • Juara 1 kejurnas sepakbola wanita u-19 antar Pengprov tahun 2008
  • Runner up kejurnas sepakbola wanita tahun 2010
  • Juara 3 kejurnas Rugby 7’s Road to Asian Games 2017
  • Medali emas cabang olahraga Rugby 7’s PORDA Bogor tahun 2018
  • Juara 1 liga putri PERSIB Bandung tahun 2019

Diakhir perbincangan Sang Kapten berharap kemenangan ini dapat memotivasi sepak bola putri lainnya.

“Dengan adanya liga 1 putri ini, semoga menjadi motivasi untuk insan olahraga sepakbola putri lainnya, sehingga dapat berkontribusi untuk memajukan persepakbolaan Indonesia”, pungkas Een, yang dikalangan pemain Persib putri akrab dipanggil kakak.

Daftar Pemain Persib Bandung di Liga 1 Putri

Penjaga Gawang:

DELLA ALVYANA (1), NURHALIMAH (2) , DIYANA HERLIANA (29)

Pemain Belakang:

EEN SUMARNI  – Kapten (3), SINDY FITRI YUNITA  (6), DESY AMELIA (7), DIAH TRI LESTARI (16), TIA DARTI SEPTIAWATI (21), VIVI OKTAVIA RISKI (23), OKTAVIANI PRAMESWARI NURGAYATRI (25)

Pemain Tengah:

MILA NUR KARMILA (4), REVA OKTAVIANI  (8), PANI TRI OKTAVIANTI (10), INKA SUSILAWATI (15)

Pemain Depan:

SITI LATIPAH NURUL INAYAH (9), FEBRIANA KUSUMANINGRUM (11), RIA RISTIANI (12), DILA HUSNA FAUZIAH (13), ZAHRA NAKIYAH PRIMADI (14), AGNES SINTAULI HUTAPEA (17), RISQIYANTI (18), ZAHARA KHAERANI (22)

Yanis

Bagikan: