Edukasi Anti Korupsi, Bus KPK Hadir di Bandung



Bandung, Beritainspiratif.com - Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) menggelar road show bus anti korupsi, di Plaza Balai Kota Bandung, Selasa (30/10/2018). Road show ini bertujuan memberi edukasi pada masyakat khususnya di daerah tentang pentingnya sikap anti korupsi.

Menurut wakil ketua KPK, Saut Situmorang, road show ini sangat penting dilakukan dalam rangka pengenalan lebih dekat antara KPK dengan masyakata luas.

"Saya pikir seperti saya jelaskan tadi bahwa kita (KPK) harus bergerak, berjalan terus, berpindah-pindah, di dalam berpindah-pindah itu akan ada banyak (pelajaran yang bisa diberikan), filosofinya itu dulu," jelasnya saat ditemui Beritainspiratif.com di sela-sela kegiatan.

Mengenai kegiatan tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut postif, lantaran masalah korupsi tidak melulu soal penangkapan atau OTT tapi yang lebih penting adalah pendidikan dan pencegahan.

"Saya hadir disini, (memberi) dukungan luar biasa untuk KPK, tapi kan isu tentang korupsi tidak hanya urusan penindakan OTT saja, isu pencegahan, isu edukasi menjadi penting, harus satu ekosistem, karena ini perjalanan bangsa kita menjadi bangsa berintegritas," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan Pemkot Bandung sangat mengapresiasi langkah KPK ini mengingat angka korupsi di Indonesia dinilai masih tinggi.

"Kasus korupsi pun masih banyak yang terbongkar, perjuni 2018 ini KPK mencatat ada 61 tindak pidana korupsi di instansi pemerintah kota/kabupaten. Jumlah tersebut melebihi kasus korupsi di level yang sama pada tahun 2017 yakni hanya 53 kasus, adapun per Juni 2018, tercatat 16 kausus di tingkat kepala daerah, dalam hal ini wali kota/bupati atau wakilnya, jumlahmya juga meningkat dari tahun 2017 dengan 13 kasus," jelasnya saat sambutan.

Menurutnya, Pemkot Bandung gayung bersambut dengan program roadshow KPK, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemkot Bandung memilki program Bandung Masagi dan Bandung Bersih.

Bandung Masagi, kata Yana, merupakan kurikulum yang di dalamnya membahas karakter siswa dalam menumbuhkan semangat-semangat kejururan, adapun Bandung Bersih meliputi bersih secara lingkungan hingga bersih secara institusi atau birokrasi

Dengan begitu, pihaknya berharap, beberapa kasus korupsi yang terjadi di Jawa Barat baru-baru ini, tidak terjadi di Kota Bandung.

"Bagi saya sangat jelas dan tegas jangan sampai ada korupsi terjadi di Kota Bandung apalagi sampai OTT pada level apapun serta seberapa kecil pun korupsi, tidak boleh," Tandasnya.

Pantauan dilokasi, di dalam Bus Anti Korupsi Terdapat Komputer yang berisi materi materi terkait peran fungsi KPK, cara-cara mencegah korupsi dan materi lainya, menurut keterangan, malam ini bus tersebut akan berada di Alun-Alun Bandung dan bebas dikunjungi masyarakat.    (Tito).

Berita Terkait