E-KTP Hingga KK Nantinya Bisa di Cetak di Mesin ADM



Jakarta, Beritainspiratif.com – Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan mesin yang dinamakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

"Setelah berkali-kali kita gagal dalam uji coba, akhirnya sekarang berhasil 'memindahkan' sebagian pegawai, alat-alat dan kantor menuju satu aplikasi dalam mesin. Filosofi ADM adalah tempat layanan masyarakat untuk mencetak dokumen," ucap Zudan di Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Ditegaskan melalui ADM tersebut, nantinya warga bisa melakukan cetak KTP Elektronik, akta lahir, kartu keluarga, akta mati, dan lainnya.
"Melalui ADM, kita bisa cetak sendiri KTP EL, KIA, akta lahir, KK, akta mati," jelas Zudan.

Dalam prosesnya, masyarakat terlebih dahulu mendaftar di kantor Dukcapil masing-masing Kota/Kabupaten, hingga prosesnya selesai, lalu pihak Dukcapil akan mengirimkan email untuk memberikan kode berupa pin atau QR code, untuk dicetak.

Dijelaskan Zudan, inovasi ini dirancang khusus dengan tujuan agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi.

"Cukup dari ADM. Tidak perlu ke kantor Dukcapil. Sistem bekerja dengan pengaman NIK, pin dan QR code," jelas Zudan.

Saat ini mesin tersebut baru ada di kantor Dukcapil di daerah Kalibata Jakarta.

"ADM ini akan kita masukkan dalam e catalog. Tahun ini daerah-daerah sudah bisa memulai implementasi," pungkasnya. (Yanis)

Berita Terkait