Dulu Cuma Jualan SIM Card, Kini Ia Miliki Kekayaan Rp14 Triliun



Jakarta, Beritainspiratif.com - Kesuksesan bukanlah kebetulan, tetapi ada cara yang bisa dilakukan untuk meraihnya. Jika seseorang memiliki keinginan untuk sukses dalam bidang apapun perlu adanya tindakan yang harus dilakukan.

Demikian pula yang telah diraih oleh pria berusia 26 tahun ini, Ritesh Agarwal kini memiliki kekayaan bersih $ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun dan mempunyai 43 ribu hotel. Kesuksesan yang diraih Ritesh tentu tak mudah, karena ia berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi rendah.

Ritesh pendiri OYO Hotels ini berasal dari keluarga yang mengelola sebuah toko kecil di Southern Odisha, India dan pada usia 13 tahun ia mulai menjual kartu SIM telepon.

Dikutip dari Lifestyle Wolipop, pada tahun 2011 Ritesh Agarwal pindah ke New Delhi untuk melanjutkan studinya di sebuah perguruan tinggi. Namun, setelah dua tahun, ia memutuskan untuk keluar karena ia pikir tak akan berhasil dengan baik secara akademis.

Menurut GQ India, hal yang mendorong dirinya untuk berbisnis hotel dan memulai OYO Hotels adalah karena remote TV. Ritesh tak pernah diberi kesempatan untuk menonton televisi sesuai keinginannya.

"Karena saya tidak bisa memakai remote TV di rumah saudara. Mereka lebih suka menonton sinetron, sedangkan saya ingin menonton film kartun," cerita Ritesh.

Salah satu hal pertama yang ia lakukan dalam kariernya di bidang perhotelan adalah membantu mengembangkan sebuah hotel kecil. Ritesh memperhatikan bahwa ada sebuah hotel di dekatnya yang tidak baik.

Ia kemudian memutuskan untuk bertemu dengan pemiliknya dan menawarkan bantuan dengan memberikan saran kepada pemiliknya tentang apa yang harus diubah. Ritesh juga membantu mengunggah beberapa foto di internet dan tak lama kemudian, hotel itu ramai dengan pelanggan baru.

Pada Mei 2013, Ritesh memutuskan untuk memulai bisnisnya dengan sebuah hotel murah bernama Oravel Stays. Inspirasinya adalah karena ia awalnya frustasi dengan kurangnya hotel yang higienis dan murah.

Menurut Business Insider, jalan Ritesh menjadi miliarder bukan tanpa kegagalan. Pada kenyataannya, ia gagal enam kali sebelum akhirnya sukses membangung OYO Rooms.

"Jika kamu tidak gagal, kamu tidak akan pernah kuat," kata Ritesh.

OYO pada awalnya adalah situs web yang memperbarui dan menjual kamar hotel, tetapi pada 2016, Ritesh memperluas model bisnisnya. Ia mulai mengubah OYO, dan kini perusahaan itu memiliki lebih dari 43 ribu hotel di 800 kota secara global dan memiliki 20 ribu karyawan.***

Berita Terkait