Dukung Program Pemkot Mahasiswa Baru UMS Surabaya Ciptakan Robot Berbahan Sampah Plastik

Surabaya, Beritainspiratif.com – Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) menggelar Masa Orientasi Mahasiswa (Mastama), Ordik dan Expo UKM (MOX) 2018. Dalam kegiatan yang diisi dengan berbagai kegiatan tersebut, selain diperkenalkan seputar kampus, mahasiswa baru juga diajak berkreasi dengan motto “UMS Kampus Sejuta Inovasi”, Jumat, (14/9/2018) dari laman UMS Surabaya.

Salah satu kegiatan yang cukup menarik adalah mahasiswa baru diajak untuk berkreasi melalui pembuatan robot dari sampah plastik. Dengan total 2.232 mahasiswa UMS tersebut peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 30 anak untuk mengerjakan satu robot ukuran besar atau minimal sepinggul manusia.

Disamping itu mahasiswa juga harus mencari semua bahan atau sampah plastik hasil kegiatan selama Ospek yang berada disekitar lingkungan kampus.

Para mahasiswa ini mengambil pelajaran berharga di hari perkenalan atau Ospek di kampus mereka, khususnya soal pengelolaan sampah. Para mahasiswa pun tahu betul, bagaimana Pemerintah Kota Surabaya sebagai lokasi kampus mereka berada, serius menangani pengelolaan sampah.

Mulai bayar transportasi bus menggunakan sampah plastik, OTT Sampah bagi mereka yang buang sampah sembarangan, hingga tersedianya bank sampah di kampung-kampung hijau Surabaya.

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni, Junaidi mengatakan, konsep Ospek dua tahun terakhir di UMS memang sudah berubah. Kampus lebih menerapkan konsep menjaga lingkungan.

“Selain menjaga lingkungan, mahasiswa baru diajak untuk belajar kreatif. Setelah ini karya akan dinilai, dan pemenang akan mendapatkan hadiah sebagai apresiasi. Robot plastik ini juga akan kami pamerkan sebagai bagian dari kreativitas mahasiswa,” tutupnya.  (Yanis)

Bagikan: