Dua Mahasiswa Termuda Usia 15 Tahun Masuk SBMPTN Di UNAIR



Surabaya, Beritainspiratif.com - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, menerima 2.160 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), atau sekitar 42,14 persen daya tampung yang disediakan.

"Dari 2.160 calon mahasiswa baru itu, sebanyak 335 adalah berasal dari skema Bidikmisi. Berarti hanya akan ada 28 persen sisa kuota calon mahasiswa baru yang akan diterima di jalur mandiri," kata Rektor Unair Prof Mohammad Nasih di kampus setempat di Surabaya, Selasa.

Dengan 335 mahasiswa jalur bidikmisi yang diterima, yakni berada di angka 15 persen dan 20 persen kuota dari SNMPTN, kuota Bidikmisi tidak bisa lagi diberikan ke jalur Mandiri.

"Alokasi Bidikmisi total ada 743 yang dari kementerian. Total Bidikmisi dari jalur SNMPTN ada 426, SBMPTN ada 335 dan totalnya 761. Masih kelebihan 18," katanya.

Nasih mengatakan, pada tahun ini Unair masuk 5 besar nasional perguruan tinggi nasional (PTN) dengan rataan nilai terbesar di SBMPTN di bawah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan nilai sebesar 620.

"Nilai tertinggi calon mahasiswa baru kelompok Saintek diraih oleh calon mahasiswa baru Pendidikan Dokter, Annisa Faradila dari SMA Darul Ulum I Peterongan, Jombang dengan nilai 738.0351," ujar Nasih.

Sedangkan nilai tertinggi calon mahasiswa baru kelompok Soshum yang diterima diraih oleh calon mahasiswa baru Hubungan Internasional, Afiyah Nadiyah Fatin dari MAS Unggulan Amanatul Ummah, Surabaya dengan nilai 694.0726.

Ada dua mahasiswa termuda dengan usia 15 tahun, yakni Wardah Tsamarah Azzahla, kelahiran Mojokerto, 7 Februari 2003. Dia merupakan siswa MAS PPMI Assalam Sukoharjo yang diterima di program studi Kesehatan Masyarakat.

Kemudian Faida Ufaira Prameswari, kelahiran Sidoarjo, 31 Januari 2003 yang merupakan siswa SMAN 1 Krian, diterima di prodi Pendidikan Dokter.

Nasih menambahkan, untuk calon mahasiswa yang diterima lewat skema Bidikmisi, pihak kampus akan memverfikasi yang bersangkutan terkait ekonominya masuk atau tidak dalam skema Bidikmisi.

"Seluruh calon mahasiswa baru diharapkan untuk segera melakukan proses pendaftaran ulang mulai besok, 4 Juli 2018. Bagi calon mahasiswa yang tidak diterima jalur SBMPTN, Unair membuka pendaftaran jalur Mandiri mulai besok Rabu, 4 Juli 2018," tuturnya lansir Antara.

(Kaka)

Berita Terkait