DPRD Jabar Dukung Pangandaran Jadi Kawasan Ekonomi Khusus



DPRD Jabar Dukung Pangandaran Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Bandung, beritainspiratif.com : DPRD Jawa Barat mendukung Pangandaran menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, KEK Pangandaran segera terwujud. Anggarannya akan digelontorkan dalam APBD 2019.

Ia menilai, Pangandaran ternyata lebih siap dalam hal rencana detail tata ruang, dibandingkan lima daerah lain yang sebelumnya juga telah diusulkan untuk menjadi kawasan KEK.

KEK usulan pemerintah pusat dan provinsi tersebut adalah Geopark Ciletuh–Pelabuhan Ratu Sukabumi, KEK Pangandaran, KEK Purwakarta, KEK Walini Bandung Barat, KEK Aerotropolis Kertajati Majalengka, dan KEK Jatigede Sumedang.

“KEK Pangandaran ditargetkan selesai Maret atau April 2019. Pangandaran dipilih karena dinilai telah siap dalam segala aspek untuk menuju ke sana,” ujarnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menambahkan, DPRD Jabar telah mensahkan APBD Jabar TA 2019 yang terkait dengan anggaran pembangunan KEK Pangandaran.

“Pangandaran, dipilih lantaran dinilai telah siap dalam segala aspek. Pangandaran sudah ada proposalnya, 200 hektar lahan sudah siap dan punya 99 potensi wisata.,” ungkap Emil, panggilan akrab untuk Ridwan Kamil.

Dengan status baru tersebut, tambah Emil, pengembangan area KEK Pangandaran akan dikembangkan melalui APBN dan mengurangi beban Pemprov Jabar.

“APBN akan turun karena dianggap sebagai proyek strategis nasional, jadi mendapat status itu susah. Kalau tanpa status itu, tetap dibangun tapi dengan dana masing-masing,” pungkasnya. (Ida)

Berita Terkait