DPRD Jabar Dorong Percepatan Sertifikat Tanah di Jabar



Bandung, Beritainspiratif.com : DPRD Provinsi Jabar mendorong program-program unggulan keagrariaan, terutama sertifikasi tanah agar tidak ada sengketa lahan dikemudian hari.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jabar, Syahrir, mengatakan kemudahan untuk memperoleh sertifikat telah dijalankan BPN Jabar.

Dikatakan Syahrir, pihaknya mendukung program bantuan kepada masyarakat dan instansi untuk mendapatkan sertifikat.

"Dengan memiliki sertifikat, diharapkan tidak ada lagi masalah sengketa lahan, termasuk aset provinsi," kata Syahrir usai menghadiri upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2018 di halaman KanwilbBPN Jabar Jalan Soekarno Hatta Bandung, Senin (24/9/2018

"Seperti sengketa di kawasan lahan Ampera Cirebon," ujar Syahrir.Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) salah satu program unggulan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, prosentasenya di Jawa Barat sudah sangat akseleratif.

"Masyarakat Jabar sudah merasakan program tersebut, yang semula reguler menjadi program percepatan karena ada target - target dari pusat yang dititipkan ke daerah kabupaten/ kota," kata Ridwan Kamil.

Gubernur mengingatkan, dalam pandangan pemerintah sengketa lahan menghambat proses pembangunan. Apalagi pemerintah merencanakan reaktivasi empat jalur kereta api yang sudah puluhan tahun mati, bermuara pada sengketa lahan.

"Tidak terlegalisasinya dengan baik hak atas tanah, mengakibatkan kecepatan pembangunan melambat hampir 50 persen. Waktunya habis untuk memetakan tanah ini hak siapa," ucapnya.  (Yanis)

Berita Terkait