DPRD Akan Uji 10 Calon Komisi Informasi Provinsi Jabar Hasil Seleksi



Bandung,Beritainspiratif.com - Sebanyak 10 calon Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Barat untuk masa jabatan 2019-2023, lulus tahapan ahir berupa wawancara yang dilakukan oleh tim seleksi.

Kesepuluh calon yang lulus tersebut diserahkan kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, dan selanjutnya dikirim ke DPRD Jabar untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan oleh anggota Komisi I.

"Kami akan segera melakukan uji kepatutan dan kelayakan kesepuluh calon. Harus segera, karena masa jabatan kami kan tinggal beberapa hari lagi," kata Ketua Komisi I DPRD Jabar Syahrir kepada Beritainspiratif, Selasa (20/8/2019).

Seperti diketahui masa jabatan anggota DPRD Jabar periode 2014-2019, berahir pada 31 Agustus 2019.

Menurut Syahrir, pihaknya masih menunggu daftar kesepuluh calon KIP, yang akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. "Saat ini kami belum menerima nama-namanya. Bila sudah ada, akan segera dilakukan," kata Syharir.

Menurut Ketua Tim Seleksi Rafani Achyar, materi wawancara terhadap calon KIP Jabar mencakup kepribadian dan wawasan peserta.

"Pribadi menyangkut motivasi bersangkutan, komitmen dan integritasnya. Sedangkan wawasan terkait keterbukaan informasi, wawasan kelembagaan Komisi Informasi dan hukum persidangan Komisi Informasi," ucapnya.

Dari 45 peserta yang mengikuti tes wawancara, panitia menetapkan 10 peserta yang lolos untuk mengikuti fit and propertest.

“10 yang lulus itu wajib menyusun visi misi dan program kerja KIP Jawa Barat," tambah Rafani.

Visi misi dan program kerja para calon anggota KIP Jabar tersebut wajib diserahkan, sebagai bahan uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi I DPRD Jawa Barat.

"Kewenangan uji kepatutan dan kelayakan bukan ada pada Tim Seleksi lagi, Tim Seleksi di situ (wawancara) sudah selesai. Jadi kewenangan (uji kepatutan dan kelayakan) ada di DPRD Jabar melalui Komisi I,” papar dia.

Rafani mengatakan, Tim Seleksi telah berupaya objektif dalam menjalankan amanat untuk melakukan setiap tahapan seleksi, mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, tes potensi, psikotes, dinamika kelompok, hingga wawancara.

Berikut 10 nama yang lulus seleksi akhir calon anggota KIP Jabar masa jabatan 2019-2023 :

  1. Dadan Saputra
  2. Dedi Dharmawan
  3. Deni Yudiawan
  4. Husni Farhan
    Mubarok
  5. Ijang Faisal
  6. Irianto Edi Pramano
  7. Nuryani
  8. Riva Rahayu
  9. Yudaningsih
  10. Zulkarnaen. (Ida)

Berita Terkait