DPD KNPI Kabupaten Cirebon, Salurkan Bantuan Air Bersih

Cirebon,Beritainspiratif.com – Musim kemarau yang berkepanjangan di Kabupaten Cirebon, menimbulkan dampak negative, salah satu dampak yang dirasakan oleh masyarakat adalah sulitnya mendapatkan air bersih. Di beberapa kecamatan, warga harus rela antri untuk mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari, bahkan ada juga warga yang harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan air bersih.

Beberapa Kecamatan yang terdampak kekeringan diantaranya, Kecamatan Gegesik, Kecamatan Gunungjati, Kecamatan Klangenan, Kecamatan Kapetakan, Kecamatan Pangenan, Kecamatan Greged, Kecamatan Sedong, adalah daerah-daerah lainnya.

Kondisi krisis air yang berkepanjangan, mendapat perhatian dari sejumlah kalangan salah satunya adalah DPD KNIPI Kabupaten Cirebon.

Pengurus DPD KNPI Kabupaten Cirebon memberikan bantuan air bersih di beberapa desa yang ada di Kecamatan Kapetakan. Bantuan sendiri diserahkan secara simbolis oleh ketua DPD KNPI Kabupaten Cirebon kepada masyarakat, Rabu (20/11/2019).

Ketua DPD KNPI Kabupaten Cirebon, Ahmad Gunawan, mengatakan, musim kemarau yang cukup panjang ini membuat masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih, sumber air yang bisa didapatkan oleh masyarakat hanya dari sumur, namun sumur-sumur warga sekarang ini kondisinya sudah mongering.

“Air PDAM juga tidak mengalir, begitu juga dengan lahan pertanian yang tak kunjung mendapatkan sumber air, ini merupakan masalah serius yang harus segera diatasi oleh semua pihak yang berkompeten,” ujar Gunawan.

Dikatakan Gunawan, Pemerintah daerah melalui Dinas dan lembaga terkait serta pemerintah desa telah melakukan beberapa upaya mengatasi permasalahan tersebut (krisis air.red) akan tetapi upaya-upaya yang dilakukan masih belum mampu mengatasi permasalahan tersebut.

“KNPI Kabupaten Cirebon hari ini juga berupaya membantu masyarakat yang membutuhkan air di Desa Karangkendal dan Desa Pegagan lor, Kecamatan Kapetakan dari hasil swadaya dan akan dilanjutkan ke desa-desa lain yang mengalami krisis air. Gerakan kepedulian tersebut diharapkan bisa membantu mengatasi permasalahan air sebagai wujud kepedulian pemuda,” ujar Gunawan.

Selebihnya ekspektasi para Pemuda KNPI, dikatakan Gunawan, semakin banyak pihak-pihak lain yang turur serta mambantu masyarakat yang mengalami krisis air. KNPI yakin jika permaslaahan ini bisa diatasi dengan cara “keroyokan” oleh semua steakholder termasuk didalamnya pemerintah daerah, pemerintah desa, CSR Swasta, lembaga sosial, organisasi kepemudaan, TNI, Polri, bersinergis dalam satu gerakan yang terintegrasi. (Dekur)

Bagikan: