Dorong Pengunaan Transportasi Umum, Dishub Luncurkan Tarif Rp.1 Rupiah



Bandung,Beritainspiratif.com - Kepala Dishub Kota Bandung, Ricky EM Gustiadi mengatakan, dengan adanya peluncuran bus Trans Metro Bandung (TMB) dengan tarif Rp.1 rupiah. Hal ini dilakukan untuk merangsang penggunaan transportasi umum yang sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

"Supaya mobilitas masyarakat dalam penggunaan angkutan umum akan meningkat sesuai dengan harapan RPJMD Kota Bandung. Mudah-mudahan 5 tahun ke depan penggunaan bisa mencapai angkutan umum 25 persen," ucap Ricky di Taman Dewi Sartika, Kota Bandung, Kamis (8/8/2019).

Ricky menyebutkan, penumpang umum tetap bisa naik TMB dengan pembayaran tunai, sekalipun seluruh layanan tarif khusus ini bisa dinikmati lewat pembayaran menggunakan kartu elektronik.

"Untuk umum masih bisa bayar tunai dengan tarif Rp4000, kalau untuk yang non tunai sebesar Rp3000. Mudah-mudahan dengan adanya tarif ini pengguna angkutan umum dapat meningkat. Otomatis rencana bisnis ini pendapatan kita akan meningkat," katanya.

Selain itu, Dishub Kota Bandung juga meluncurkan pembayaran tiket Bus Bandros menggunakan kartu elektronik. Saat ini,  kartu elektronik yang bisa digunakan untuk membayar tiket Bus Bandros ini yakni kartu Brizzi keluaran Bank BRI.

"Jadi sistemnya Tap On Bus. Untuk Bandros sekarang sudah bisa. Harganya tetap Rp20.000,"katanya. (Mugni)

Berita Terkait