Dorong Pengendalian Inflasi, BI Jabar Bangun Pipanisasi dan Urban Farming di Lembang



BANDUNG. Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat meresmikan pembangunan pipanisasi dan urban farming di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (19/10).

Pembangunan pipanisasi dan urban farming ini merupakan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) sebagai komitmen BI dalam mendukung program kerja pengendalian inflasi melalui pembinaan maupun pendampingan kepada klaster binaan dan pengembangan ekonomi syariah.

Bantuan PSBI ini masing-masing diberikan kepada Gabungan kelompok Tani Lembang Agri, Pondok Pesantren Al Fallah dan At-Taqwa.

Wiwiek sapaan akrabnya, mengatakan tujuan dari pemberian PSBI pembangunan pipanisasi kepada Gabungan Kelompok Tani Lembang Agri ini yakni menjamin ketersediaan air untuk tanaman. Selain itu, dapat dipergunakan untuk menyiram ketika kemarau, penyemprotan tanaman, maupun pemupukan cor.

"Pembangunan pipanisasi ini juga dalam rangka meningkatkan produktivitas, kualitas dan kontuinitas sayuran dalam rangka peningkatan produktivitas lahan pertanian," kata Wiwiek kepada wartawan.

Sedangkan pemberian PSBI urban farming kepada Pondok Pesantren Al-Fallah dan At-Taqwa, menurutnya hal ini selain mendukung tugas BI mengembangkan ekonomi syariah, juga dilakukan untuk mendukung tugas BI menjaga inflasi.

"Pemberian bantuan PSBI ini dilakukan untuk mendukung tugas utama Bank Indonesia dalam pengendalian inflasi melalui program Pesantren Peduli Inflasi," ungkapnya.

Wiwiek berharap pemberian bantuan pembangunan pipanisasi dan urban farming ini diharapkan dapat bermanfaat dan semakin meningkatkan produktivitas para petani dan para santri di pondok pesantren serta lingkungan sekitar.

"Pada akhirnya, dengan bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan pondok pesantren yang berimplikasi maksimal terhadap pengendalian inflasi khususnya ketahanan pangan di Provinsi Jawa Barat," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat, Abu Bakar menyampaikan apresiasinya terhadap BI akan kepedulian terhadap sektor pertanian di Kabupaten Bandung Barat.

"Program pengembangan UMKM dapat dijadikan salah satu pilot project dalam pengembangan UMKM terutama sektor pertanian di Bandung Barat," pungkasnya.

Pada saat peresmian pembangunan pipanisasi dan urban farming, turut hadir dan menyaksikan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Bandung Barat, Unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Lembang (Camat, Kapolsek dan Danramil), Kepala Desa Cikidang, dan Kepala BP3K Kecamatan Lembang. (gan)

Berita Terkait