Dorong Pembebasan Lahan, Fly Over Kopo-Leuwi Panjang Siap Dibangun Tahun Depan



Bandung,Beritainspiratif.com - Pembangunan Fly Over Kopo-Leuwi Panjang siap dilakukan tahun depan. Hal itu dikarnakan masih menunggu proses pembebasan lahan yang menjadi tanggung jawab pemprov.

Kepala Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN)  Jawa Barat Indra Cahya mengatakan, proses pembebasan lahan untuk pembangunan fly over tersebut baru mencapai 95 persen. Pihaknya berharap agar proses pembenasan lahan bisa selesai awal tahun depan.

"Alhmdulillah sudah mencapai 95 persen pembebasan lahan sedikit lagi harapanya pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa menuntaskan nanti awal tahun depan bisa 100 persen. Sehingga kontruksinya bisa segera dimulai,"ucap Indra di Taman Sejarah Jalan Aceh, Kota Bandung,  Kamis (25/7/2019).

Lanjut Indra mengatakan, fly over Kopo-Leuwi Panjang nantinya memiliki panjang  1,3 kilometer.  Diatas jalan Suekarno Hatta.

"Panjang 1,3 kilometer dengan lajur empat lajur, dua arah  fly over ini melewati dua simpang.  Simpang Suekarno Hatta-Kopo, simpang Suekarno Hatta-Cibaduyut,"jelasnya.

Anggaran yang dipersiapkan untuk pembangunan kontruksi sekitar Rp. 360 miliar, anggaran tersebut bersumber dari APBN, sementara biaya pembenasan lahan menjadi kewenangan Pemprov Jabar.

"Pembebasan lahan dilakukan oleh Pemprov Jabar jika rampung tahun ini maka proyek bisa dimulai tahun 2020 mendatang. Untuk pembangunan kontruksi diprediksi bisa selesai 20 bulan dan bisa digunakan tahun 2021,"pungkasnya.(Mugni)

Berita Terkait