Dongkrak Potensi Seni Kriya, Dekranasda Jabar Gelar Lomba Cinderamata Khas Jabar

Bandung, Beritainspiratif.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat (Dekranasda Jabar) menggelar perlomban bertajuk “Lomba Cinderamata Produk dengan Kearifan Budaya Lokal Jawa Barat”. Hal itu disampaikan ketua Dekranasda Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil, saat jumpa pers di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (5/11/2018).

Menurutnya, lomba ini digelar bertujuan menampung ide masyarakat dan mengangkat potensi pengrajin seni kriya khas Jawa Barat.

Lomba ini sudah berlangsung dari tanggal 28 Oktober dan masih berlangsung hingga 27 November mendatang, adapun pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 30 November 2018 dengan menghadirkan para juri dari sejumlah kalangan profesional.

“Untuk penjurian kita sedikitnya terdiri dari tiga unsur yakni budayawan, Kementerian Industri dan Perdagangan serta akademisi,” jelasnya.

Hal tersebut dilakukan, agar produk yang dinobatkan menjadi juara bisa betul-betul merepresentasikan Jawa Barat, dan bisa laku dipasaran.

“Juri yang akan kita hadirkan secara profesional sehingga nanti akan mampu menilai mana produk yang berdaya saing tinggi dengan metode pembuatan yang mumpuni serta seberapa kuat mengandung unsur kebudayan, hal tersebut mesti ada dalam sebuah produk yang dilombakan,” lanjutnya.

Dengan total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 45 juta tersebut terdiri dari juara satu dua dan tiga serta juara harapan.

Menurut Keterangan Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Mohamad Arifin S. Ada delapan kategori perlombaan  berdasarkan bahan pembuatan prodak.

“Kategorinya ada delapan yakni yang berbahan dasar kain, logam, tanah liat, serat alam, batu-batuan, kayu, asli alam, material olahan lainya,” kata Arif.

Atalia menambahkan, nilai dari produk yang dilombakan tidak boleh lebih dari Rp 100 ribu, agar nantinya bisa dijangkau semua lapisan masyarakat.

“Tidak lupa saya sampaikan bahwa setiap produk itu nilai jualnya tidak boleh lebih dari Rp100, sehingga dengan menjadi ciri khas Jawa Barat dan mengandung unsur kebudayaan namun harganya murah, kan itu jadi lebih bagus,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan perlombaan ini khusus untuk memilih produk mana yang bisa jadi khas Jawa Barat dan belum ada dimana pun. “Jadi kami dari Dekranasda ingin produk yang jadi juara dan dipilih jadi souvenir khas Jawa Barat itu belum ada dimana pun termasuk di 27 kabupaten/kota di Jabar, jadi silahkan berkreasi,” kata Atalia.

Mengenai informasi lanjutan, masyarakat bisa mengakses akun instagram Dekranasda Jabar @jabardekranasda atau klik bit.lycinderamatajabarjuara. Selain lomba cinderamata pihaknya juga menggelar lomba rebranding berupa sayembara nama untuk penamaan gedung Dekranasda Jabar.    (Tito)

Bagikan: