Diyana Herliana, Atlit Futsal Berprestasi Ikut Antarkan Sukses Tim Persib Putri

Bandung, Beritainspiratif.com – Tim Persib Putri sukses menjuarai Liga 1 Putri 2019 setelah pada laga final berhasil mengalahkan Tira Persikabo Kartini, Sabtu (28/12/2019).

Kesuksesan Tim Persib Putri tersebut disambut hangat oleh warga Bandung dan Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zaenuri Hasyim dan Komisaris PT PBB, Kuswara S Taryono, saat  tiba di Graha Persib Jalan Sulanjana, Minggu, (29/12/2019), serta bertandang ke Balai Kota yang disambut oleh Wali Kota, Oded M Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana serta sejumlah pejabat KONI dan Dispora Kota Bandung.

Pada keesokan harinya Gubernur Jabar Ridwan Kamil, menggelar ‘Jamuan Makan Malam Bersama Atlet SEA Games Asal Jawa Barat, Tim Persib Putri dan Tim Tira Persikabo Putri’ di Gedung Pakuan Kota Bandung, Senin (30/12/2019) malam.

Kesuksesan Tim Persib Putri dalam menorehkan sejarah, menjadikan sebagai tim pertama yang menjuarai Liga 1 Putri Indonesia,  hal tersebut tidak lepas dari peran para pemain futsal.

Tercatat beberapa nama pemain futsal putri yang sukses membela Persib di Liga 1 dan ikut membawa tim tersebut juara diantaranya:

  1. Diyana Herliana (Penjaga gawang)
  2. Diah Tri Lestari (pemain belakang)
  3. Desy Amelia (Pemain belakang)
  4. Tia Darti (Pemain Tengah)
  5. Mila Micil (Pemain Tengah)
  6. Siti Latipah (Pemain depan)
  7. Febriana Kusumaningrum (Pemain depan), dan lainnya.

Sulitnya mencari pemain sepakbola putri membuat tim-tim peserta Liga 1 Putri merekrut pemain dari futsal yang memang memiliki kompetisi teratur.

Tentunya perekrutan pemain futsal tersebut, dilakukan melalui seleksi yang ketat dan pemilihan yang selektif serta memiliki  sarat dengan prestasi.

Sebut saja Diyana Herliana (Penjaga gawang), yang baru bisa bergabung Persib Putri pada seri ke-3 karena keikutsertaannya di berbagai kejuaraan futsal internasional dan ICBG di Langkawi Malaysia bersama Bank Indonesia. Salah satunya ia turun bermain pada babak penyisihan  saat Persib Putri berhasil menggulung PSIS Semarang Putri dengan skor 4-1 di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor.

Mengenal Sosok Diyana Herliana

Diyana Herliana adalah dara asal Sumedang kelahiran 1992, ia merupakan penjaga gawang Persib Putri yang juga atlet futsal berprestasi internasional. Selain itu, ia juga tercatat sebagai karyawati Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bandung dari jalur prestasi (atlet), saat dihubungi pada, Kamis, (2/1/2020).

Prestasi :

Berbagai prestasi pada olah raga Futsal telah ia raih baik skala nasional maupun internasional, antara lain:

Skala Internasional :

  1. PERINGKAT KE 3 ( MEDALI PERUNGGU ) SEAGAMES KE 29 MALAYSIA BERSAMA TIMNAS INDONESIA TAHUN 2017
  2. PERINGKAT KE 3 AFF CLUB FUTSAL CHAMPIONSHIP BERSAMA TIM FUTSAL UPI BANDUNG 2015
  3. JUARA THE 17TH ASEAN UNIVERSITY GAMES BERSAMA TIMNAS INDONESIA TAHUN 2014
  4. JUARA 1 THE 9TH UITM INTERNASIONAL SPORT FIESTA MALAYSIA BERSAMA TIM UPI BANDUNG 2014
  5. JUARA 1 WOMAN PRO FUTSAL LEAGUE 2017 BERSAMA TIM FUTSAL UPI BANDUNG TINGKAT NASIONAL BEST GOALKEEPER YOUNG PWFC COMPETITION TAHUN 2017
  6. JUARA 2 WOMAN BLEND FUTSAL PROFESIONAL 2016 BERSAMA UPI BANDUNG
  7. JUARA 2 LA NATIONAL FUTSAL CHAMPIONSHIP 2016
  8. JUARA 1 WOMAN BLEND FUTSAL PROFESIONAL 2015 BERSAMA TIM UPI BANDUNG
  9. JUARA 1 GANESHA FUTSAL CHAMPIONSHIP TINGKAT NASIONAL 2014
  10. JUARA 1 LIMA FUTSAL SEASON 1 TAHUN 2014
  11.  JUARA 1 NATIONAL FUTSAL CHAMPIONSHIP ITS TAHUN 2014
  12. JUARA 1 POMNAS XIII BERSAMA TIM JAWA BARAT 2013

Skala Nasional:

  1. Juara 2 Liga Futsal Profesional bersama Tim UPI FKB Bandung, 2019
  2. Delapan besar Tim Jabar Piala Pertiwi Nasional 2019
  3. Lolos sebagai 23 pemain yang diikutkan pada PON XX di Papua 2020
  4. Juara 1 Handball bersama tim putri Bank Indonesia pada ajang Inter Central Bank Games (ICBG) 2019 di Malaysia
  5. Juara 1 Liga 1 Sepakbola Indonesia Putri 2019 bersama Persib Bandung Putri

Berkaca pada keberhasilan Persib Putri sebagai juara Liga 1 Putri, tak luput dari dukungan pemain futsal yang turut membantu keberhasilan tersebut. Hal ini menandakan jika futsal sangat membantu, dalam  perkembangan pemain di sepakbola di Indonesia.

Adanya tim sepakbola juga menjadi hal yang positif bagi pemain futsal putri karena punya banyak pilihan di jenjang selanjutnya, tidak hanya liga futsal, tapi juga liga sepakbola putri.

Kiranya Pemerintah akan terus mendorong dan memajukan olah raga khususnya olah raga yang memiliki korelasi langsung dan saling menunjang  antara Futsal dan Sepakbola.

Daftar Pemain Persib Bandung di Liga 1 Putri

Penjaga Gawang: DELLA ALVYANA (1), NURHALIMAH (2) , DIYANA HERLIANA (29)

Pemain Belakang: EEN SUMARNI  (3), SINDY FITRI YUNITA  (6), DESY AMELIA (7), INKA SUSILAWATI (15), DIAH TRI LESTARI (16), ZAHARA KHAIRANI (22), VIVI OKTAVIA RISKI (23), OKTAVIANI PRAMESWARI NURGAYATRI (25)

Pemain Tengah: MILA NUR KARMILA (4), REVA OKTAVIANI  (8), PANI TRI OKTAVIANTI (10), ZAHRA NAQIYYAH PRIMADI (14), TIA DARTI SEPTIAWATI (21), IKEU ROSITA (26), DWIE APRILLIANI FITRIA MURTI (28)

Pemain Depan: SITI LATIPAH NURUL INAYAH (9), FEBRIANA KUSUMANINGRUM (11), RIA RISTIANI (12), DILA HUSNA FAUZIAH (13), AGNES SINTAULI HUTAPEA (17), RISQIYANTI (18), PATRICIA YOLANDA VIRGINE (24)

Yanis

Bagikan: