Dispangtan Kota Bandung Akan Tandai Hewan Kurban yang Sehat Dengan Kalung



Bandung, Beritainspiratif.com - Menjelang Hari Raya Idhul Adha 1441 Hijriyah. Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung menyiapkan 30.000 kalung sehat yang nantinya diberikan kepada hewan kurban telah lulus pengecekan di Idul Adha tahun ini.

"Tahun ini kita siapkan sebanyak 30.000 kalung sehat, 10 persen lebih banyak dari tahun kemarin. Jika hewan kurban memenuhi kriteria layak dan sehat akan diberikan kalung," kata Kepala Dispangtan Gin Gin Ginanjar di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung Selasa (7/7/2020).

Menurutnya, tak ubahnya seperti tahun-tahun sebelumnya. Kriteria layak dan sehat adalah hewan tidak sakit mata, luka, skabies, cacar, dan jumlah lubang terdiri dari hidung telinga dan anus dalam keadaan normal.

"Lalu berkaitan juga dengan umur hewan kurban yang sudah bisa dikurbankan sesuai dengan syariat Islam. Untuk domba minimal satu tahun, dan untuk sapi minimal dua tahun. Jadi jangan terkecoh karena fisiknya besar, tapi usianya tidak masuk,"ucap Gin Gin.

Baca Juga:Polrestabes-bandung-launching-lembur-tohaga-lodaya-di-kelurahan-sukamiskin

Selain itu, Gin Gin memastikan virus corona atau covid-19 tidak menyerang binatang dalam hal ini hewan qurban. Meski demikian, dia meminta agar warga masyarakat tetap waspada terhadap penyakit binatang lainnya.

"Covid tidak menyerang binatang, kita pastikan Kota Bandung terbebas Covid. Hanya saja suasana pandemi yang mengharuskan jaga jarak protokol kesehatan itu diterapkan. Misalnya penjual dan pembeli harus menggunakan masker, sarung tangan dana ada tempat cuci tangan,"pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait