Disnaker Kota Bandung: Sehari Mencapai 4 Perusahaan yang Melakukan Mediasi



Bandung, Beritainspiratif.com - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung mencatat tiga hingga empat perusahaan masuk dalam daftar konsultasi terkait perselisihan soal pemutusan hubungan kerja (PHK).

Hal tersebut dikemukakan langsung Sekretaris Disnaker Kota Bandung Lusi Lesminingwati saat ditemui di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Selasa (18/2/2020).

"Jumlahnya ada tiga sampai empat perusahaan yang kita akan lakukan mediasi dalam setiap harinya, dan memang ujung-ujungnya biasanya ke PHK. Tetapi masing-masing pihak terpenuhi, baik secara hak dan kewajiban," kata Lusi.

Menurutnya, dari perusahaan yang ada di Kota Bandung. Mayoritas pengurangan jumlah karyawan kerap dilakukan oleh perusahaan di bidang jasa. Satu penyebabnya ketidakmampuan perusahaan.

"Tetapi kebanyakannya dari karyawan, yaitu indisipliner atau tidak patuh kepada peraturan perusahaan. Namun ada juga yang dikarenakan ketidak mampuan dari perusahaannya. Tapi di luar ke dua hal itu juga ada," ucapnya.

Ia mencontohkan, seperti halnya soal PT Indosat Tbk yang mengumumkan rencana penawaran PHK kepada ratusan karyawannya. Lebih dari setengahnya sudah menyatakan setuju dengan menerima kompensasi.

"Bisa juga dari rencana perusahaan yang berniat melakukan perampingan seperti Indosat itu. Nah biasanya serikat pekerjanya konsultasi kepada kita untuk menanyakan hak mana yang bisa dipenuhi oleh mereka,"jelasnya.

(Mugni)

Berita Terkait