Diskar PB Kota Bandung Akan Bentuk 151 Kelurahan Siaga Bencana (KSB)

Bandung, Beritainspiratif.com – Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, berencana pada akhir tahun 2019 akan membentuk 151 Kelurahan Siaga Bencana (KSB). Pembentukan Kelurahan Siaga tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi apabila ada kebakaran atau bencana lainnya di wilayah tersebut.

“Fungsinya nanti agar masyarakat siap melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya, apabila terjadi musibah,”kata Kepala Bidang Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Pemadam Kebakaran (DPPK) Diskar PB Kota Bandung Yosep Heryansyah di Balai Kota Bandung, Minggu (8/12/2019).

Terkait anggaran, pihaknya juga berencana bakal berkolaborasi dengan kewilayahan terkait program KSB tersebut.

“Mungkin nanti kita kerjasama dengan bagian pemerintahan umum kan disitu ada PIPPK, mungkin bisa saja dari sana nanti kita kolaborasi ini kan termasuk program kewilayahan,”katanya.

Lebih lanjut Yosep mengatakan, dengan di bentuknya KSB ini, maka ketika ada ancaman bencana di masing-masing kelurahan, masyarakat setempat sudah siap melakukan penanganan musibah tersebut. 

“Jadi nanti kita bentuk dulu wadahnya, ada kepengurusannya tapi nanti pengurusnya kita lakukan bimtek dulu, nanti ada kader-kader kita yang akan memberikan bimbingan penyuluhan tersebut,”jelasnya.

Mugni


Bagikan: