Disdukcapil Kota Cirebon Telah Terapkan One Day Service



Cirebon, Beritainspiratif.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon terapkan one day service. Strategi pelayanan pun harus dilakukan.

Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Sanusi,S.Sos, menjelaskan jika saat ini pihaknya sudah menerapkan one day service sejak April lalu.

“Jadi begitu hari ini mendaftar, besok sudah bisa didapatkan,” ungkap Sanusi, Senin, 2 Juli 2018.

Khususnya untuk warga Kota Cirebon yang melakukan perekaman dan pendaftaran di kantor Disdukcapil Kota Cirebon. Karena itu, mereka pun melakukan sejumlah strategi agar bisa memenuhi one day service tersebut.

Salah satunya dengan menerapkan kuota pendaftaran bagi mereka yang mendaftar di kantor Disdukcapil. Menurut Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Cirebon, Eli Haryati, pendaftaran dibuka dalam 2 gelombang setiap harinya. Gelombang pertama dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Setelah mencapai kuota, maka pendaftaran pun akan ditutup.

“Nah kami pun mulai mengerjakan dokumen yang diajukan pada pendaftaran gelombang pertama ini,” ungkap Eli.

Sehingga diharapkan pendaftar pada gelombang pertama ini dokumen yang mereka minta, baik itu e KTP, Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Induk Anak (KIA) selesai sore hari dan bisa diambil besok paginya pada interval waktu yang sama.

Sedangkan gelombang kedua dibuka dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Pengerjaannya dilakukan oleh staf mereka hingga malam hari. “Ini belum ditambah pengajuan pembuatan KTP elektronik maupun KK yang dikirimkan dari kantor kecamatan,” ungkap Eli.

Selain itu, lanjut Eli, mereka juga memiliki keterbatasan sarana dan prasarana. Untuk operator KTP elektronik saja hanya ada satu orang, begitu pula dengan operator KK dan KIA. Bahkan operator KIA seringkali diperbantukan untuk membantu operator KTP elektronik.

Padahal idealnya operator itu ada 5 orang untuk satu kecamatan. Tidak hanya itu, dari lima mesin cetak yang dimiliki Disdukcapil Kota Cirebon hanya 3 yang berfungsi. Dua untuk KTP elektronik dan satu mesin cetak untuk KIA. Padahal setiap harinya mereka harus melayani pembuatan hingga lebih dari 300 dokumen baik itu KTP elektronik, KK maupun KIA.

“Karena itu agar efektif, kami pun mengatur waktu pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Eli. Terutama agar layanan one day service bisa mereka terapkan.

Sebenarnya, lanjut Eli, pelayanan pembuatan KTP elektronik tidak hanya dilakukan di kantor Disdukcapil saja. “Tapi juga bisa melalui kecamatan. Bahkan hingga tingkat RW,” ungkap Eli.

Saat ini pihaknya bekerja sama dengan kecamatan, kelurahan dan RW mereka melakukan perekaman KTP elektronik di sejumlah baperkam di malam hari.

“Kami yang langsung datang,” ungkap Eli.

Dengan terobosan yang mereka lakukan, Eli berharap pelayanan kepada warga lebih dekat dan warga yang sibuk bekerja di siang hari bisa segera mendapatkan KTP elektronik dengan mendaftar di lingkungan mereka pada malam hari.

“Kita akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Cirebon,” ungkap Eli. (YoC)

Berita Terkait