Disdik Kota Bandung Himbau Pendidik, Tenaga Pendidik dan Orang Tua Galakkan ‘Germas’

Bandung, Beritainspiratif.com – Pemerintah Pusat menerbitkan protokol utama dalam penanganan kasus penyebaran virus corona (covid-19). Salah satunya, protokol area institusi pendidikan.

Mengenai hal itu, Dinas pendidikan (Disdik) Kota Bandung mengimbau kepada seluruh pendidik dan tenaga pendidik serta orang tua untuk melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan cara makan gizi seimbang, olahraga dan istirahat cukup.

“Selain itu, di lingkungan sekitar sekolah dibiasakan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Gunakan masker bila batuk, agar tidak menyebar ke orang lain,” ucap Kepala Disdik Kota Bandung, Hikman Ginanjar¬†¬† di Hotel el Royal Jalan Merdeka Kota Bandung Kamis (12/3/2020).

Hikman mengatakan, dalam menjaga daya tahan tubuh pihaknya, menganjurkan untuk minum air mineral 8 gelas sehari, dan makan makanan yang dimasak dengan sempurna.

“Bila demam dan sesak nafas segera datang ke fasilitas kesehatan  terdekat. Artinya ketika Kesehatan terganggu cari pengobatan, kemudian berdoa untuk meminta perlindungan ke Allah SWT,”katanya.

Lebih lanjut Hikman mengatakan, pihak sekolah sekarang ini semua dilibatkan baik Puskesmas maupun UKS disekolah, masing- masing pihak agar siaga jika ada anak yang sakit.

“Untuk penggunaan masker bagi mereka yang sakit saja. Jangan sampai semua berbondong-bondong menggunakan masker karena panik,” jelasnya.

Selain itu, kebijakan Gubernur Jawa Barat untuk tidak melakukan study tour, Hikman mengatakan bahwa pihaknya tidak melarang, namun berpesan.

“Hanya saja, pihak sekolah diminta untuk menyesuaikan dan bijak dalam mengambil keputusan. Bukan melarang, tapi lebih kepada bijak dan disesuaikan. Menurut saya kalau memang ada larangan study tour itu bagus, tinggal mengedepankan kehati-hatian,”pungkasnya.

(Mugni)

Bagikan: