Disdagin Kota Bandung Gelar Pameran Fashion dan Craft Bertajuk 'Love Bandung With Your Style'



Bandung, Beritainspiratif.com - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung bersama Dekranasda kota Bandung menggelar pameran produk lokal bertajuk “Love Bandung With Your Style”.

Acara ini digelar selama tiga hari mulai tanggal 28 Februari hingga 1 Maret bertujuan untuk mempromosikan produk pakaian (fashion) dan kerajinan (craft) di kota Bandung, dalam menembus pasar yang lebih luas lagi.

“Tema yang kami usung " Bandung Lokal Brand" jadi kita mengusung semua produk fashion dan craft Kota Bandung dengan pesan yang ingin kita sampaikan adalah Love Bandung With Your Style. Ada pun peserta pameran ada 85 stand terdiri dari 45 stand fashion dan 40 stand Craft,” jelas Kepala Disdagin kota Bandung, Elly Wasliah, di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh Kota Bandung Jumat (28/2/2020).

Peserta yang ikut pameran ini,   menurut Elly, adalah pelaku usaha yang sudah di kurasi melalui tahapan kurasi oleh Dekranasda Kota Bandung. Dengan kata lain, produk yang di tampilkan pun sudah dipastikan memiliki kualitas yang baik dan daya saing kompetitif. Bahkan ada di antaranya yang sudah di sertakan dalam misi dagang Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ke Philipina.

“Jadi diharapkan ini sudah ada kualitasnya atau segmen pasarnya yang sudah bisa ekspor, tadi di ungkapkan oleh Umi Oded (Ketua Dekranasda kota Bandung) ada The Rusa yang kita memang sudah kita bawa  dalam misi dagang ke Philipina tahun 2019,” kata Elly.

Lebih lanjut Elly mengatakan, selain produk pakaian dan kerajinan, produk kuliner pun berlimpah. Dengan alasan itu pula, pihaknya tengah memikirkan untuk menyiapkan satu galeri khusus di kota Bandung untuk tiga produk tersebut.

“Jadi kadang-kadang wisatawan bertanya kalau kita ikut pameran diluar kota Bandung itu misalnya di Jakarna Ina Craft produk Bandung itu bagus-bagus, Tapi begitu nyampe ke Bandung mereka bingung nyarinya dimana nah ini yang menjadi kendala,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Mikro (KUKM) dalam waktu dekat berencana mencari lahan di lokasi strategis untuk pembangunan galeri tersebut. Menurutnya, rencana pembangunannya sendiri baru bisa di lakukan pada APBD Perubahan 2020.

“Sepertinya rencananya baru di 2021 kalau memungkinkan di APBD perubahan kalau tidak di 2021 tetapi perencanaanya harus matang tahun ini termasuk lokasi.  Kami akan melakukan kajian sejauh mana lokasi, luas lahannya, desainya model dan galerinya, segala macam dan pembiayanya itu memerlukan kajian,”pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait