Disbudparpora : Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cirebon Usung Budaya Lokal



Cirebon,Beritainspiratif.com - Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata pada Disbudparpora, Kabupaten Cirebon, Nana Mulyana mengatakan berbagai langkah telah dilakukan dalam persiapan hari jadi Kabupaten Cirebon. Salah satunya rapat teknis yang dilakukan masih dalam tahap awal dalam menuntukan susunan kepanitiaan. Semua unsur terutama elemen tingkat kecamatan dilibatkan dalam perhelatannya ke depan.

"Untuk tema besar belum ditentukan karena akan ada rapat lanjutan pekan depan ini. Namun untuk perayaannya pagelaran kirab yang sudah rutin yakni sub tema yang diusung adalah Budaya Cirebon Tan Ana Sirna atau Budaya Cirebon Tidak Akan Pernah Punah," katanya, usai ditemui awak media, Selasa (26/2/2019)

Nana menyebutkan, peringatan hari jadi tahun ini masih tetap mengusung budaya lokal. Melalui  kirab budaya  tentunya akan lebih melestarikan dalam memajukan keberagaman kesenian yang ada. Sehingga pihaknya meminta setiap kecamatan untuk bisa menampilkan sejumlah adat istiadat dan kearifan lokal masing-masing.

 "Seperti, di Kecamatan Plered ada budaya memayu buyut Trusmi, tari baksa, dan lain-lain. Begitupun kecamatan lainnya yang memiliki ciri khas tiap wilayah harus ditampilkan," katanya.  Dijelaskan Nana, atraksi kebudayaan tersebut akan dilengkapi dengan narasi sebagai bahan edukasi.

Bahkan, kata dia, rencananya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI akan turut hadir memeriahkan hari jadi Kabupaten Cirebon.

Adapun pelaksanaan kirab budaya akan digelar pada tanggal 30 maret 2019, dengan rute start dimulai dari Kodim 0620 Kabupaten Cirebon, Jalan Sultan Agung -Jalan Malik Ibrahim, dan finish di depan Kantor Disbudparpora.

"Sebenarnya, penyusunan perencanaan sudah dikonsep sejak Oktober 2018 lalu. Dimana dalam kirab nanti peserta akan kita minta untuk pawai dan tidak ada yang menaikki kendaraan. Rapat ini tentunya untuk mempertegas penyusunan kepanitiaan saja,"terangnya. 

(Dekur)

Berita Terkait