Disambut Presiden Jokowi, Siapakah Jack Ma ?

Jakarta, Beritainspiratif.com – Saat ini Jack Ma tengah melakukan kunjungan ke Indonesia untuk menyaksikan secara langsung penutupan Asian Games 2018 di GBK, Minggu (2/9).

Kunjungan Jack Ma disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (1/9). Dan dalam kesempatan itu, Jokowi menantang Jack Ma untuk beraksi di penutupan Asian Games, yang sebelumnya pernah melakukan aksi spektakuler, mengendarai moge dan jadi sorotan dunia

Siapakah Jack Ma ?
Dikutip dari Wikipedia, Jack Ma atau Ma Yun lahir pada tanggal 15 Oktober 1964 di Hangzhou, Tiongkok. Ia memiliki seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Ia dan saudaranya hidup dalam keluarga yang kurang mampu dan Orangtua mereka hanya bekerja sebagai pemusik dan pendongeng tradisional di Tiongkok dan Jack Ma menghadapi banyak berbagai masalah dan rintangan dalam hidupnya.

Pada tahun 1972, Presiden AS Richard Nixon mengunjungi kampung halaman Ma yaitu Hangzhou, setelah kunjungan tersebut banyak turis yang berdatangan. Jack Ma yang pada saat itu masih berumur 12 tahun, menawarkan jasa sebagai penerjemah bahasa dan pemandu wisata pada para turis.

Kegiatan yang Ia lakukan selama 8 tahun, dan seringnya bersosialisasi dengan para turis membuat ia mengubah cara pandangnya tentang hidup, ia mulai berpikir lebih global dibanding dengan kebanyakan penduduk Tiongkok saat itu.

Jack Ma pernah 2 kali gagal ujian masuk universitas, namun ia tidak menyerah. Kemudian ia mengikuti ujian ke tiga dan ia akhirnya masuk dan resmi menjadi mahasiswa Hangzhou Teacher’s Institute yaitu perguruan tinggi khusus pendidikan. Pada tahun 1988, Ma lulus dari kuliah.

Jack Ma atau Ma Yun adalah seorang pembisnis dari Tiongkok, dia merupakan pendiri atau CEO dari alibaba.com yaitu sebuah perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok dan Sekarang ia menjadi Chairman Eksekutif Alibaba Group.

Sebelum mendirikan alibaba.com yang membuat ia masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, ia dulu adalah seorang guru bahasa inggris di Tiongkok.

Sebelum menjadi guru bahasa inggris, dia pernah mendaftar berpuluh-puluh kali pekerjaan namun ditolak bahkan waktu itu ia mencoba mendaftar menjadi karyawan KFC, dan dari 27 orang pendaftar hanya dialah orang satu-satunya yang tidak diterima.

Ia pun melamar di 30 perusahaan namun semua menolaknya, kemudian ia berubah haluan menjadi seorang guru bahasa inggris karena selain fasih bahasa mandarin ia fasih berbahasa inggris denga gaji sekitar $12 hingga $15 per bulannya.

Dengan alibaba.com yaitu sebuah perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok dan Sekarang ia menjadi Chairman Eksekutif Alibaba Group, dan dengan ungkapan From zero to hero, Jack Ma hanya butuh waktu semalam, ia ditakdirkan menjadi orang terkaya nomor satu di China atau negeri tirai bambu.

Yanis

Bagikan: