Dirut Perum Perhutani: Restrukturisasi Sebagai Upaya Menjaga Perusahaan Tetap Tumbuh Berkelanjutan



Bandung, Beritainspiratif.com - Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M. Mauna mengatakan, restrukturisasi dan transformasi suatu badan usaha penting dilakukan, dengan tujuan agar agar perusahaan atau badan usaha yang dikelola dapat tumbuh secara berkelanjutan.

Demikian disampaikan Denaldy di hadapan sivitas akademika Universitas Padjadjaran dalam acara kuliah umum “Seri Kuliah Umum Dirut BUMN” yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (1/3/2019).

Restrukturisasi dilakukan terutama jika perusahaan berada pada kondisi “kritis”. Denaldy mengatakan, jika sektor penjualan, pendapatan, dan laba perusahaan terus menerus mengalami penurunan, hal ini merupakan tanda perusahaan mengalami kebangkrutan.

Kondisi ini pernah dialami oleh Perum Perhutani. Sebagai BUMN yang bertugas mengelola sumber daya hutan negara, Perhutani pernah mengalami penurunan pendapatan dan laba akibat lesunya penjualan. Mau tidak mau restrukturisasi harus dilakukan.

“Tindakan tegas dan berani harus dilakukan pimpinan perusahaan,” kata Denaldy yang dilansir laman resmi Unpad.

Ada beberapa strategi efektif untuk mempertahankan badan usaha. Analisis situasi, perubahan manajemen, hingga melakukan tindakan darurat (emergency action). Selain itu, perusahaan mesti punya target untuk mengatasi ketertinggalan.

Dalam kuliah umum tersebut, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad yang diwakili Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., dengan Denaldy M. Mauna.

(Yanis)

Berita Terkait