Dinkes Kota Bandung Pastikan Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Aman



Bandung, Beritainspiratif.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita pastikan, pelaksanaan uji klinis vaksin Covid-19 kepada relawan yang sudah berlangsung sejak Agustus hingga Oktober berjalan aman. Penyuntikan vaksin diperkirakan akan selesai dilaksanakan hingga Desember 2020 mendatang.

Rita mengatakan, pihaknya belum mengajukan tenaga kesehatan yang akan dilakukan vaksin Covid-19. Sebab menurutnya, penelitian uji klinis vaksin masih berlangsung hingga Desember.

Baca Juga:Wisuda-4-273-lulusan-upi-siap-pembelajaran-daring-maupun-luring

"Belum (diajukan) karena penelitiannya juga baru selesai kan Desember. Kalau yang di Bandung dengan Biofarma itu nanti Desember pemberian vaksin si subjeknya terakhir," ujarnya di Balai Kota Badung Jalan Wastukencana Selasa (13/10/2020).

Selain itu dikatakannya, kondisi relawan sejak kunjungan pertama hingga kunjungan ke empat berjalan dengan lancar dan aman.

"Selama ini yang saya ikuti, ya memang Alhamdulillah subjek itu dalam proses V0-V3 kemarin itu rata-rata berjalan semua baik. Hanya pas di tengah-tengah misalnya dia ada hipertensi, nah dia itu dikeluarkan tidak diikutkan, hanya yang gitu aja,"katanya.

Rita mengatakan, tidak terdapat relawan yang mengalami sakit tinggi akibat penyuntikan tersebut. Menurutnya, jika relawan sudah di vaksin hingga Desember maka akan terus dipantau hingga Maret.

"Tidak ada yang menyebabkan sampai gimana, aman aman saja," pungkasnya.

Baca Juga:

(Mugni)

Berita Terkait