Dinkes Kota Bandung Ikut Awasi Pelaksanaan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Bandung, Beritainspiratif.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita mengatakan akan ikut mengawasi pelaksanaan uji klinis vaksin Covid-19 yang dilakukan dari tim Universitas Padjajaran(Unpad) dan PT Biofarma.

“Dinkes Kota Bandung tentu akan ikut mengawasi. Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) ini yang nantinya akan berkoordinasi dengan tim uji klinis vaksin dari Unpad,”ucap Rita di Balai Benih Ikan Cibiru Kota Bandung Selasa (28/7/2020).

Baca Juga:Kadispangtan-kota-bandung-peserta-terbaik-diklatpim-ii-lewat-inovasi-buruan-sae

Menurutnya, tidak ada perbedaan uji klinis vaksin Covid-19 dengan uji klinis vaksin lainnya. Hanya saja uji klinis vaksin Covid-19 ini instruksi langsung dari Presiden RI Joko Widodo sehingga informasinya menyebar luas.

“Surat izin dari komite etik sudah keluar, sehingga saat ini keenam tempat yang menjadi lokasi uji vaksin tengah melakukan persiapan. Rencana akan dilakukan rekrutmen 1.620 relawan, dan akan dilakukan pada awal Agustus,” ungkapnya.

Baca Juga:Ridwan-kamil-ajak-warga-jabar-ikut-uji-klinis-vaksin-covid-19-fase-3

Rita mengatakan, keenam tempat uji vaksin yang ditunjuk telah didatangi tim peneliti untuk kesiapannya. Bahkan ada puskesmas yang telah menerima relawan yang ingin ikut berpartisipasi dalam uji vaksin Covid-19.

“Tim peneliti sudah meninjau, tepatnya di April lalu. Mereka melihat semua kesiapan, maka dipilihlah keempat puskesmas ini. Mulai Agustus mereka sudah mulai menyiapkan relawan, malah ada puskesmas yang sudah mendapat relawan,”pungkasnya.

Enam titik tersebut yaitu di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Balai Kesehatan Unpad di Jalan Dipatiukur, Puskesmas Garuda, Dago, Sukapakir dan Cieumbeulit.

(Mugni)

Bagikan: