Dikelola PT Surveyor Jembatan Timbang Akan Terapkan Digitalisasi



Jakarta, Beritainspiratif.com - Kemenhub akan bermitra dengan PT Surveyor Indonesia (Persero) dalam mengelola operasional jembatan timbang.

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Dian M Noer menyatakan, pihaknya siap melakukan digitalisasi di jembatan timbang yang selama ini hanya dioperasionalkan secara manual.

"Kita sudah siap dan kami diminta jadi perusahaan independen untuk memastikan bahwa jembatan timbang itu berjalan dengan sesuai ketentuan berlaku. Di samping pihak independen, aspek digitalisasi juga bakal kami terapkan," jelas Dian di Grand Surveyor, Jakarta, Jumat (19/10/2018) yang dilansir kompas.

Dian menambahkan, Surveyor Indonesia saat ini telah memenangkan tender untuk bisa mengoperasikan jembatan timbang di sejumlah lokasi.

"Kita sudah masuk beberapa titik artinya sudah menang tender utk beberapa titik dan tinggal masuk serta siap, terutama di Jawa," imbuh dia.

Kepala Divisi Bisnis Penguatan Institusi dan Kelembagaan Surveyor Indonesia Firza Mahdar menyatakan pihaknya siap menerapkan digitalisasi di jembatan timbang yang ada di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

"Seperti pesan Pak Menhub (Budi Karya Sumadi), di era digitalisasi sekarang mengembangkan format digital. Jadi pencatatan data-data truk yang masuk jembatan timbang maupun muatannya sudah melalui elektronik sehingga langsung masuk ke database jadi tidak ada intervensi orang lagi disana. Harapannya, transparansi sudah mulai kita tingkatkan," tutup Firza.

Yanis

Berita Terkait