Dijaga Ketat Aparat, Perayaan Natal di Kota Cirebon Berjalan Aman dan Kondusif



Cirebon, Beritainspiratif.com – Pelaksanaan perayaan Natal di Kota Cirebon berjalan aman dan kondusif setelah dijaga personil kepolisian, TNI dan beberapa organisasi masyarakat, Senin (24/12).

Kelima gereja tersebut yaitu Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pengampon,Gereja Bethel Indonesia (GBI) Kalvari, Gereja Santo Yusuf, Gereja Kristen Pasundan dan Gereja Bunda Maria. Pada kesempatan tersebut Wali Kota memberikan cenderamata ke penjaga Pos Pam.
“Kami melakukan monitoring terhadap situasi dan kondisi secara umum pada pelaksanaan perayaan Natal. Ternyata hasilnya situasi dalam keadaan aman dan kondusif,” ungkap Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis.

Demikian terungkap dalam monitoring pelaksanaan Pam Natal oleh Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, Perwakilan Mabes Polri, Brigjen Pol. Risyafudin Nursi, Forkopimda dan lainnya dalam perayaan Natal dan pospam tahun baru 2019.

Rombongan sempat mendatangi lima gereja yang sedang merayakan Natal.

Azis menambahkan situasi aman adalah peran Polri dibantu TNI dan ormas dalam menjaga keamanan pelaksanaan ibadah Natal. Berdasarkan hasil monitoring terdapat 18 gereja yang melaksanakan Natal semua berlangsung aman.

“Hal ini merupakan pelayanan terbaik terhadap saudara kita yang sedang merayakan Natal di gereja masing-masing. Kami juga memberikan respon dan terima kasih ke Kapolri yang telah mengutus Brigjen Pol. Drs. Risyafudin Nursi,” kata Azis.

Hal senada diungkapkan Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati mengatakan pihaknya melakukan monitoring untuk melihat secara langsung situasi ibadah umat Kristen dan Katolik. Pihaknya mengunjungi lima gereja yang melaksanakan ibadah menjelang Natal.
“Situasi secara umum aman dan kondusif. Semoga ini berjalan hingga perayaan Tahun Baru 2019 mendatang selesai,” kata Eti.

Sementara Risyafudin Nursi mengatakan secara umum Polri memantau kegiatan perayaan Natal aman. Pihaknya sudah menerima laporan dan sempat mengunjungi beberapa wilayah seperti Jakarta, Bandung, Sumedang, Garut, Tasikmalaya dan Cirebon.

“Secara umum kegiatan perayaan Natal aman. Begitu pula dengan situasi lalu lintas pada musim liburan aman. Kami berharap situasi ini akan berlanjut hingga tahun Baru 2019 selesai tetap aman dan kondusif,” ujar

Risyafudin Nursi menambahkan pihaknya melihat jalur lalu lintas pun terpantau lancar. Walaupun beberapa titik terlihat padat. Hal ini karena para pemudik menggunakan tiga jalur yaitu jalan Pantura, Cipali dan jalur Selatan.

(Yones)

Berita Terkait