Digagas Jamaah JMQH Pati, 5.439 Hafizhah Pecahkan Rekor MURI Pembacaan Qur’an Terbanyak



Semarang, Beritainspiratif.com - Sekitar pukul 05.00 atau usai subuh, Kamis (25/07/2019), ribuan hafizhah dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur, bahkan beberapa dari Malaysia berkumpul dan melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an. Mereka sengaja datang ke masjid terbesar di Jawa Tengah itu untuk bersama-sama membaca Al-Qur’an hingga tuntas 30 juz.

Peserta yang tercatat sebanyak 5.439 perempuan penghafal Al-Qur’an (hafizhah) tersebut berhasil melakukan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) “Cerdas Ayat Hafizhat Qur’an Terbanyak”, dengan kategori pembacaan Al-Qur’an oleh hafizhah terbanyak pada cara yang berlangsung di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang, Kamis (25/07/2019).

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan membaca Al-Qur’an tersebut yang dilakukan oleh ribuan hafizhah se-Jawa.

Wagub Taj Yasin Maimoen mengatakan, kegiatan yang dihadiri dan diikuti warga dari berbagai daerah di Pulau Jawa, serta beberapa dari Malaysia ini, selain silaturahim, juga tidak lepas dari niat baik mengajak masyarakat membaca Al-Qur’an dengan tartil.

“Karena Al-Qur’an bukan cuma untuk dibaca dan dilombakan, tetapi juga harus dapat memahami artinya,” terangnya yang diungkap dari rilis Humas Pemprov Jateng, sebagaimana diungkap Hidayatullah.com.

Putra ulama kharismatik KH Maimoen Zubair itu menyampaikan dukungannya atas segala bentuk kegiatan yang bertujuan untuk kebaikan bersama. Ia meminta semua harus berlomba-lomba dalam kebaikan, termasuk membaca Al-Qur’an bersama-sama dan memberikan perhatian kepada para penghafal Al-Qur’an.

“Pemprov terus mendorong kegiatan seperti ini. Kegiatan ini diharapkan terus berlangsung atau tidak hanya seremonial, karena Al-Qur’an bukan cuma untuk dibaca dan dilombakan, tetapi juga harus dapat memahami artinya dan mengembangkan apa yang diajarkan Nabi, yaitu Islam yang rahmatan lil alamin,” terangnya.

“Sejak Desember 2018, kami sudah memberikan hadiah Rp 1 juta kepada para penghafal Al-Qur’an. Ini adalah salah satu bentuk perhatian kita kepada mereka. Maka para ibu nyai yang hadir mewakili daerah masing-masing, saya minta untuk menyampaikan kepada para santrinya, termasuk mengenai ketentuan-ketentuannya,” tegasnya.

Penyelenggaraan khataman Al-Qur’an oleh hafizhah se-Jawa ini digagas oleh Jami’ yyah Mudarasatil Quran Lil Hafizhat (JMQH) Kabupaten Pati.

Ketua JMQH Pati Maftuhah Minan, mengatakan, melalui kegiatan yang mampu memecahkan rekor MURI ini, para hafizhah diharapkan bisa bangkit, bergairah, dan berkiprah di bidang keagamaan.

“Selama ini mereka seolah terkungkung dengan kegiatan rutinitas sehari-hari. Maka melalui kegiatan ini para perempuan penghafal Al-Qur’an akan bertambah wawasan, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat, serta semakin semangat membaca Al-Qur’an. Kalau mereka membaca sendirian biasanya malas, sehingga dengan berkumpul seperti ini akan bersemangat,” pungkasnya. (Yanis)

Berita Terkait