Dies Natalis ke 66: UPI Targetkan Buka Fakultas Kedokteran Tahun Depan



Bandung, Beritainspiratif.com - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan membuka Fakultas Kedokteran yang sudah direncanakan sejak lama.

Rektor UPI Prof. Dr HM Solehuddin mengatakan pihaknya mulai melakukan persiapan, untuk mewujudkan Fakultas Kedokteran yang tertunda karena ada fase moratorium.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa terwujud," kata Rektor disela peringatan Dies Natalis ke 66 UPI di gedung Gymnasium jalan Setiabudi kota Bandung, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga:Walikota-bandung-harapkan-appetra-edukasi-protokol-kesehatan-pada-pengunjung

Fakultas Kedokteran yang akan dibuka nanti kata Rektor harus betul-betul memberikan manfaat besar bagi pembangunan kesehatan masyarakat.

Tenaga medis yang dihasilkan harus memiliki ciri khas, karena kekhasan UPI adalah dibidang olahraga.

"Kita harapkan fakultas Kedokteran ini terintegrasi dengan kepentingan pembangunan kesehatan masyarakat," ujarnya.

Menurut Rektor, Fakultas Kedokteran UPI akan dilengkapi dengan rumah sakit besar. Rumah Sakit ini bukan hanya untuk kepentingan praktek, tapi juga jadi rujukan untuk pelayanan masyarakat.

"Fakultas Kedokteran UPI akan bermitra dengan Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi lain yang sudah lebih dahulu ada. Tahap awal kita kerjasama dengan Unpad, guidence dari Unpad serta konsultasi dengan Kemdikbud dan Kemenkes," sambung Rektor.

Mengenai kampus Fakultas Kedokteran dijelaskannya untuk sementara di kampus Bumi Siliwangi, namun kedepan akan dipindahkan ke Subang.

"Ini yang sedang kita prospek. Kita coba ajukan kepada pemerintah, untuk pengadaan lahan seluas 300 hektar di Subang, " ujarnya.

Di Subang nantinya ada Fakultas Kedokteran dan Fakultas Olahraga. Namun 30-40 tahun kedepan, rencananya semua pindah ke Subang.

"Hanya untuk tahap pertama Fakultas Kedokteran dan Fakultas Olahraga," pungkasnya.

Baca Juga:

(Ida)

Berita Terkait