Didukung PT KAI, Bank Sampah TPST Simpel RW 01 Sukamiskin Diresmikan



Bandung, Beritainspiratif.com – Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Bandung Sofyan Hernadi atas nama Pemerintah Kota Bandung, menyampaikan banyak terima kasih kepada PT KAI atas dukungan dan kepeduliannya terhadap lingkungan melalui penyaluran CSR.   

Hal tersebut disampaikan Sofyan pada acara peresmian Bank Sampah – Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Simpel RW 01 Binaan PT KAI Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, Rabu (20/1/2021) yang dipantau Beritainspiratif.com

Kabid DLHK Kota Bandung Sofyan Hernadi

Ia mengungkapkan bahwa TPST RW 01 ini bisa jadi percontohan untuk RW lainnya.

“Jika RW lain ingin bikin TPST pengolahan sampah ya seperti ini modelnya,” ungkapnya.

Baca Juga:Banjir-bandang-gunung-mas-puncak-bogor-ratusan-kk-mengungsi

Ditambahkan Sofyan bahwa pengolahan sampah ini terkait dengan pelayanan, untuk itu kita harus dapat menghadirkan bagaimana pelayanan pengolahan sampah tersebut dapat lebih baik lagi.

“Bagaimana bisa menghadirkan pelayanan sampah lebih baik lagi, bahwa sampah tersebut harus ditangani dari sumbernya melalui program Kawasan Bebas Sampah (KBS). Kunci pengolahan sampah adalah pengumpulan sampahnya. Kalau pengolahannya wilayah sudah pada jago,” tegas Kabid DLHK.

Gapura TPST RW 01 Sukamiskin

Tonton: Video Peresmian TPST Simpel RW 01 Sukamiskin

Sementara itu Lurah Sukamiskin Farida Agustini dalam sambutannya yang juga mewakili Camat Arcamanik Firman Nugraha menyampaikan terima kasihnya kepada pihak DLHK Kota Bandung yang telah banyak memberikan bantuan sarana, prasarana, pelatihan, dan pendampingan hingga honor kepada petugas sampah di Kelurahan Sukamiskin.

“Sejak Kelurahan Sukamiskin ditetapkan sebagai percontohan Kang Pisman, kami terus menerus diberi dukungan oleh DLHK Kota Bandung dengan berbagai bantuan termasuk honor petugas kebersihan,” ungkap Farida.

Lurah Sukamiskin didampingi Ketua RW 01 Wawan

Farida juga menyampaikan banyak terima kasih kepada PT KAI yang telah memberikan CSR-nya. Diharapkan kedepan CSR serupa juga dapat diberikan kepada RW RW lain yang ada di Sukamiskin.

“Pemberian CSR ini, terkait dengan rencana PT KAI yang akan memberikan CSR di Sukamiskin, hingga terpilihnya RW 01 sebagai penerimanya setelah mendapat rekomendasikan dari PD Kebersihan Kota Bandung,” katanya.

“Tahun ini rezekinya RW 01, mudah-mudahan berikutnya akan diikuti RW lainnya,” harap Lurah Sukamiskin.

Prasasti peresmian

Ketua RW 01 Sukamiskin Wawan Setiawan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terwujudnya TPST Simpel ini, yang tampak sudah tidak lagi bernuasa tempat sampah.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungannya kepada semua pihak mulai dari pemerintahan, Kelurahan, Kecamatan, DLHK Kota Bandung, juga pihak lainnya serta masyarakat, khususnya PT KAI yang telah memberikan bantuan CSR,” ujar Wawan.

Vice President PT KAI Agus Setijono

Sementara itu Vice President PT KAI Agus Setijono, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada panitia atas terlaksananya  acara peresmian ini.

Ia mengungkapkan terkait bantuan CSR sebesar 100 juta untuk RW 01, merupakan program CSR dari PT KAI di bidang pengolahan sampah/lingkungan.

“Bantuan CSR sebesar 100 juta ini merupakan menjadi rezeki bagi RW 01, untuk RW lainnya supaya tertarik, ya kami harus membuka jalan melalui RW 01 dulu, nanti bisa saja diikuti RW lain atau bahkan kelurahan lain,” jelasnya.

Apa yang telah dilaksanakan RW 01 semua sesuai rencana ini, ini tampak seperti gedung, dan bukan seperti tempat sampah lagi.

“gedungnya TPST nya sudah bagus, jangan sampai dikira seperti kelurahan,” pungkas Agus.

Penyerahan Buku Tabungan Bank Sampah

Acara peresmian dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti TPST Simpel RW 01, diikuti dengan peninjauan ke lokasi pengolahan sampah metode maggot, gudang anorganik dan ruang sekretariat. Serta penyerahan buku tabungan bank sampah.

Yanis

Baca Juga:

Berita Terkait