Dian Ediana Rae Dilantik Jadi Kepala PPATK



Jakarta, Beritainspiratif.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Dian Ediana Rae sebagai Kepala Pusat Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Prosesi pengucapan sumpah jabatan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni physical distancing dan penggunan masker bagi tamu yang hadir.

Pengangkatan Dian sebagai Kepala PPATK berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 37/M Tahun 2020 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala PPATK.

Dian Ediana sebelumnya Wakil Kepala PPATK Dian Ediana Rae.

Ia menggantikan jabatan Kepala PPATK yang kosong selepas berpulangnya Kiagus Ahmad Badaruddin yang meninggal pada 14 Maret 2020.

Sebagian besar perjalanan karirnya dihabiskan di Bank Indonesia. Mulai dari Staf Urusan Luar Negeri Bank Indonesia pada 1988 hingga Direktur Eksekutif/Kepala Departemen Regional 1 (Sumatra) dan Koordinator Departemen Regional pada 2014.

"Saya sudah 30 tahun bekerja di BI, dan telah bekerja di berbagai sektor di BI: sektor moneter, sektor perbankan, sektor manajemen internal," ujarnya yang dikutip dari daftar riwayat hidupnya Rabu (6/5/2020).

Untuk diketahui, Dian Ediana Rae yang merupakan Doktor Bidang Hukum Ekonomi Keuangan dari Universitas Indonesia sebelumnya merupakan pejabat karier di Bank Indonesia.

Ia pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia di London pada tahun 2010-2013, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI yang meliputi Jawa Barat dan Banten pada 2013-2014, dan Kepala Departemen Regional I Bank Indonesia pada periode tahun 2014-2016. *

Berita Terkait