Di Thailand Harga Durian Mencapai Rp 500 Juta Per Buahnya

Jakarta, Beritainspiratif.com – Siapa yang tidak suka durian dari baunya saja sudah tergoda, banyak orang yang menggemari durian, dan masyarakat Indonesia mayoritas adalah penikmat durian. Namun demikian buah durian yang disebut sebagai Raja buah ini meski diminati banyak orang tidak sedikit pula yang sama sekali tidak suka dengan bau durian meski hanya beberapa gelintir orang.

Namun buah durian yang satu ini begitu dinikmati dan bahkan dihargai dengan uang yang tidak sedikit harganya dan bahkan orang Thailand begitu menyukai dan kegilaan dengan durian tersebut meski dengan harga yang sangat mahal, mencapai harga rumah tipe tertentu atau sebuah mobil mewah.

Dikabarkan oleh Nextshark, seseorang dari Thailand berani membayar durian dengan harga Rp 500 Juta untuk satu buahnya.

Harga yang fantastis untuk satu buah durian.

Diketahui pada sebuah pelelangan di Thailand, satu durian yang sangat berharga dari varietas kanyao ini menarik puluhan pecinta buah durian yang kaya raya.

Di sebuah acara pelelangan buah festival King Of Durian 2019 di Nonthaburi, Thailand tengah ini mereka berhasil menjual buah durian yang mungkin bisa dikatakan termahal.

Buah durian ini tampaknya yang paling mahal di dunia, dan diketahui dari WOB, harga paling murah dari durian varian Kanyao ini adalah 20.000 baht ( Rp 9 Juta).

Para pejabat yang diundang memilih durian yang cukup mewah ini satu hari sebelum acara dari pertanian terdekat.

Mereka memilihnya karena ukuran, bentuk, dan kematangannya yang sempurna, sebelum dilelang dengan harga akhir 1,5 juta baht atau sekitar Rp 500 Juta.

Jumlah yang menguras dompet itu bahkan mengalahkan rekor acara lelang tahun sebelumnya yang menjual satu buah durian dengan hatah 800.000 baht (Rp 250 Juta).

Durian dengan harga Rp 250 juta sudah tentu bisa untuk minum kopi bersama teman satu kampung.

Para model mengarak buah durian tersebut di bantal mewah merah dan emas di acara tersebut.

Para model juga membawa sembilan durian lain seperti dari Monthong, varietas Kanyao dan Kop Med Tao, dengan satu buah juga terjual lebih dari 300.000 baht (Rp 130 juta).

Dikutip dari WOB “Saya tahu ini durian yang sangat istimewa,”
“Tetapi saya kagum dengan harga jualnya.”

“Saya mengharapkan satu juta baht, jadi untuk menjual lebih banyak itu sangat bagus,” kata Maliwan Han Chai Thai, yang mengelola pertanian Pa Toi Lung Mu di mana durian 500 juta rupiah itu ditanam.

Di akhir lelang, durian kanyao terjual kepada seorang pengusaha lokal yang kaya raya.

“Saya berharap penawar tinggi menikmati makan durian yang ia beli.”

“Varian ini adalah yang paling lezat di dunia dan kami akan terus membudidayakannya,” kata Maliwan Han Chai Thai.

Secara keseluruhan, acara ini berhasil mengumpulkan 4,5 juta baht (Rp 2 Miliar) yang akan diberikan kepada petani dan disumbangkan ke badan amal setempat untuk membeli peralatan medis untuk rumah sakit, seperti diungkap Bangkapos.com. (Yanis)

Bagikan: