Di Sukabumi Pasokan Dan Panen Melimpah, Harga Cabai Dan Bawang Merosot Tajam



Sukabumi, Beritainspiratif.com -Menjelang bulan suci Ramadan 1439 H, harga cabai yang dijual di beberapa pasar tradisional di Kota Sukabumi, Jawa Barat merosot dikarenakan beberapa faktor, diantaranya pasokan yang melimpah dari distributor.

"Diharapkan harga komoditas cabai ini tetap stabil hingga Ramadan bahkan Idul Fitri atau lebaran tahun ini," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi Ayep Supriatna di Sukabumi, Sabtu (5/5).

Dilansir Antara.com, Menurut Ayep, penurunan harga komoditas cabai ini dikarenakan beberapa faktor seperti pasokan yang melimpah dari distributor dan panen serentak di daerah penghasil dan pemasok cabai.

Adapun data petugas pencatat harga  tersebut untuk cabai merah TW turun Rp. 4.000 setiap kilogramnya dari Rp. 26.000 menjadi Rp. 22.000.

Kemudian cabai rawit hijau harganya sama dengan cabai merah TW yang turun dari Rp. 26.000 menjadi Rp. 22.000.

Tidak hanya komoditas cabai, harga bawang putih pun merosot dari Rp. 28 ribu setiap kilogramnya, tetapi saat ini dijual Rp24 ribu/kg.

Namun demikian, pihaknya terus melakukan pemantauan karena harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan biasanya ada peningkatan, karena permintaan dari konsumen (masyarakat) meningkat.

"Kami pun secara rutin berkoordinasi dengan Satgas Pangan Kota Sukabumi, Badan Urusan Logistik (Bulog) dan intansi terkait lainnya untuk menjaga kestabilan harga dan pasokan menjelang bulan suci ini," tambahnya.

 

Di sisi lain, Ayep mengatakan untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti beras, minyak goreng dan lain-lain masih stabil. Walaupun ada kenaikan harga tetapi masih dalam batas kewajaran dan persediaan pun diperkirakan mencukupi hingga sebulan ke depan.

(Kaka)

Ilustrasi: siwalimanews.com

Berita Terkait