Di SMPN 3 Palimanan Pengawasan UNBK Menggunakan CCTV



Cirebon,Beritainspiratif.com – Guna meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMPN 3 Palimanan memasang kamera pengintai (CCTV.red) untuk membantu pengawasan pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut.

Seperti diketahui, UNBK tingkat SMP dilakukan selama 4 hari dan dilaksanakan serentak mulai Senin (22/4/2019) kemarin. SMPN 3 Palimanan memasang CCTV di 2 ruangan yang digunakan untuk pelaksanan UNBK. Di dalam ruangan itu juga terdapat pengawas, proktor, dan teknisi.

Terdapat 268 siswa dan siswi yang mengikuti UNBK. Mereka dibagi ke dalam 3 sesi karena ruangan dan perangkat komputer yang terbatas.

Pelaksanaan UNBK SMP yang beralamatkan di Desa Lungbenda, Kecamatan Palimanan itu, merupakan kedua kalinya dilangsungkan. Secara umum hingga 3 hari kemarin, pelaksanaan berjalan lancar dan nyaris tidak ada kendala yang berarti. Masing-masing sesi, para siswa diberikan waktu 2 jam untuk mengerjakan soal.

Kepada media Kepala SMPN 3 Palimanan Sodikin menjelaskan, dirinya dapat memantau seluruh aktifitas UNBK hanya dari dalam ruangan. Melalui itu juga, diharapkan peserta didik yang sedang menjalani ujian dapat berlaku jujur dan mandiri dalam mengerjakan soal.

Sodikin juga merasa yakin dan optimis bahwa seluruh siswa dan siswinya akan lulus 100 persen saat pengumuman nanti.

“Kendala yang berisiko Alhamdulillah tidak ada sampai hari ini. Cuman ya kalau bisa mah ingin ditambahkan ruangan dan komputer agar cukup dilakukan 1 sesi. Biar waktunya juga lebih efektif, tidak sampai sore,” terangnya kepada media, kamis (25/4/2019).

Selain 2 ruangan kelas tempat UNBK, beberapa tempat lainnya yang beresiko terjadi pencurian juga dipasang CCTV.

Melalui CCTV tugasnya dapat berjalan efektif ketika pelaksanaan UNBK sedang berlangsung. Diharapkannya, hingga akhir pelakanaan UNBK semuanya dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala serius.

[Dekur]

Berita Terkait