Di Setiap Kelurahan di Kota Bandung Akan Dibangun Ruang Anak Muda

Bandung, Beritainspiratif.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bandung 2018-2023, yang baru saja digelar Pemkot Bandung dibahas pula rencana pembuatan ruang untuk kepemudaan di setiap kelurahan.

Musrenbang didorong mampu untuk menampung aspirasi dan mengakomodir gagasan dari masyarakat untuk bersama-sama membangun Kota Bandung dalam lima tahun ke depan, ujar Wali Kota Bandung Oded M Danial

Lebih lanjut dikatakan bahwa “jika bicara prioritas bukan parsial tapi secara kualitas. Dan yang namanya anggaran itu tidak disebar semena-mena tapi tidak fokus. Yang terpenting adalah pembangunan harus ada output, outcome, benefitnya,” ujar Oded pada sambutan pembukaan Musrenbang di Hotel Papandayan, Kota Bandung, Rabu (12/12/2018).

Anggaran disiapkan agar bermanfaat bagi masyarakat dan berpihak pada seluruh kepentingan. Contohnya adalah fokus pemerintah dalam menyediakan tempat berkumpulnya anak muda atau youth space, dan ruang tersebut nantinya terdapat di setiap kelurahan.

“Itu akan kita lakukan. Kita sudah programkan, ini harus dikawal,” kata Oded.

Sementara itu, Plh Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan para lurah dan camat diinstruksikan untuk inventarisasi terhadap bangunan atau lahan milik pemerintah yang bisa digunakan sebagai area berkumpulnya muda-mudi agar mudah berinteraksi dan dapat menciptakan sesuatu hal positif dan produktif.

Lebih lanjut Ema menyampaikan “Sekarang sedang diinventarisasi dan tidak semua harus baru tapi bisa diperbaharui, misal penataan ulang aula kelurahan yang representatif untuk dijadikan youth space itu,”ujarnya.

Pembuatan ruang anak muda nantinya bisa berkonsep outdoor atau indoor. Karena selain memiliki fungsi kepemudaan, ruang tersebut diharapkan dapat mengakomodir dari sisi sarana olahraga, ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Dodi Ridwansyah.

Yanis

Bagikan: