Di Semarang Ada Pohon Pisang Berbuah Tiga Tandan

Semarang, Beritainspiratif.com – Pohon pisang milik Suyono (61) yang tinggal di Kabupaten Semarang, berbuah tiga tandan. Pohon yang ditanam di samping kiri rumahnya Suyono di Dusun Daleman RT 20 RW 08, Desa Kadirejo, Pabelan, Kabupaten Semarang.

“Usianya baru 3 bulan dan tergolong jenis pisang rawi, kalau matang rasanya agak kecut (asem),” tutur Suyono, Kamis (22/11/2018) yang dilansir Detiknews.

Suyono mengatakan bahwa dia tidak melakukan perawatan khusus pada pohon pisang tersebut. Semenjak ditanam, pohon pisang dari rumpun itu selalu berbuah lebih dari satu tandan.
Pohon yang pertama berbuah dua tandan hingga matang. Yang kedua berbuah cabang tiga kecil-kecil. Sedangkan pohon ketiga juga bercabang tiga, namun karena tidak kuat ambruk. Pohon yang sekarang adalah yang keempat kalinya.

“Pohon pisang yang sekarang ini usianya baru 3 bulan. Kemudian, begitu tahu keluar tiga jantung langsung membuat penyangga dari bambu agar tidak ambruk,” imbuh Suyono.

Pohon pisang ini sering menjadi perhatian warga sekitar, maupun warga yang melintas di jalan kampung depan rumah Suyono yang terkadang berhenti melihat pisang tersebut.

(Yanis)

Bagikan: